Nederlandse Spoorwegen Mulai Kirim KRD DM 90 ke Polandia

KRD NS DM90
Ilustrasi KRD NS DM 90 | Foto: Rob Dammers, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

[5/12] Nederlandse Spoorwegen (NS) baru saja mengirimkan empat rangkaian KRD DM 90 mereka ke operator Association of Local Railroad Transport (SKPL) di Polandia. Dilansir dari Railjournal, pengiriman ini adalah bagian dari pengiriman 32 kereta KRD DM 90 ke Polandia setelah pengadilan menolak permohonan penahanan armada oleh Ferotrans-TFI di Rumania.

Sebelumnya pada tahun 2017 NS telah menjual 48 KRD DM 90 ke Ferotrans-TFI. Akan tetapi, karena ukuran keretanya terlalu lebar operator ini tidak dapat memasukkan rangkaian tersebut. Pada akhirnya KRD ini pun sempat diinapkan di Stasiun Nijmegen.

Namun pengelola prasarana KA Belanda Prorail memerintahkan NS untuk memindahkan kereta ini karena Stasiun Nijmegen akan direnovasi. NS pada akhirnya memindahkan kereta ini ke Amsterdam, membatalkan kontrak dengan Ferotrans-TFI, dan menjualnya ke SKPL. Akibatnya Ferotrans-TFI menggugat NS ke jalur hukum yang tidak berhasil. Perintah penahanan oleh pengadilan pun dibatalkan pada 4 November 2020.

Meskipun demikian, upaya jalur hukum oleh Ferotrans-TFI tetap berlanjut. Operator ini menuntut agar seluruh biaya pembelian dikembalikan, sedang NS meminta agar pengembalian biaya ini dikurangi biaya stabling dan pemindahan rangkaian, serta kompensasi dari pembatalan kontrak ini.

Situasi serupa pun pernah dialami oleh Ferotrans-TFI ini. Pada tahun 2012 lalu mereka tidak dapat membeli armada bukan baru dari Belanda. Armada yang akan dijual ini akhirnya dijual di tengah pemberitaan pelanggaran kontrak. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: