Riyadh Metro Lakukan Uji Coba Operasional Perdana

Rangkaian Riyadh Metro
Rangkaian Riyadh Metro buatan Alstom untuk Lintas 4, 5, dan 6 | Foto: Railjournal

[11/12]. Riyadh Metro lakukan uji coba terjadwal pada Lintas 4 dan 6 sebelum jalur ini diserahkan operasionalnya kepada operator. Seperti dilansir dari Railjournal, uji jadwal ini mensimulasikan perjalanan kereta ketika sudah beroperasi mengangkut penumpang. Direktur proyek konsorsium Ramped Lindsay Vamplew mengatakan sebanyak 35 rangkaian kereta dikerahkan dalam uji coba terjadwal ini menggunakan metode yang disebut Carousel.

Meski uji coba dengan metode Carousel masih dilakukan, namun Vampley mengatakan uji coba ini masih belum menyerupai situasi ketika kereta beroperasi mengangkut penumpang. Uji coba akan dilakukan hingga September 2021 sebelum uji coba sistem. Sehingga pada akhir 2021 sudah dapat dilakukan serah terima kepada operator.

Sementara di Lintas 1, 2, dan 3 pembangunan jalur tersisa 10% hingga 12% lagi. Direktur konsultan proyek RMTC Carter Rohan mengatakan saat ini di ketiga jalur ini tengah dilakukan uji dinamis pada rangkaian kereta yang nantinya beroperasi di jalur ini.

Untuk pekerjaan sendiri Rohan mengatakan saat ini tinggal finishing pada sejumlah stasiun. Uji coba pada stasiun sudah memasuki tahap mekanikal-elektrikal seperti penerangan dan pendingin udara. Uji coba juga dilakukan pada sistem persinyalan dan semua sistem yang terhubung langsung dengan rangkaian kereta.

Kota Riyadh memang sedang gencar-gencarnya membangun jaringan angkutan umum. Selain kereta metro, ibukota Arab Saudi ini juga membangun jaringan bus terintegrasi sepanjang 1.900 kilometer dengan 3000 halte. Tingginya angka pengguna kendaraan pribadi menjadi alasan Pemerintah Kota Riyadh membangun jaringan transportasi umum. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: