SNCF Berhasil Uji Coba KA Lintas Utama Berteknologi ATO GoA 2

SNCF BB 27000
Ilustrasi lokomotif SNCF Kelas BB 27000 yang digunakan dalam uji coba ATO | Foto: Alf Van Beem, Wikimedia Commons, Public Domain

[30/12] Meskipun umumnya sistem Automatic Train Operation (ATO) diaplikasikan di sistem metro, tetapi aplikasinya saat ini mulai dikembangkan ke KA lintas utama. Pada tahun 2018 lalu, Thameslink menjadi operator pertama yang menggunakan sistem ATO dalam layanan komersial di lintas utama. Sejak itu, beberapa negara Eropa seperti Jerman dan Perancis juga mulai menguji sistem ATO di lintas utama mereka.

Dilansir dari Railjournal, pada 29 Oktober lalu Perancis melalui SNCF berhasil mengujicobakan sebuah lokomotif BB 27000 dengan sistem ATO di lintas Longwy-Longuyon sepanjang 18 km. Saat uji coba ini lokomotif tersebut melakukan akselerasi dan deselerasi secara otomatis dengan diawasi seorang masinis. Terdapat lebih dari 100 pegawai yang terlibat dalam proses uji coba ini dalam desain sistem komputer, perkabelan, dan perangkat lunak.

Rencananya pada 2021 mendatang SNCF akan mengoperasikan KA dengan teknologi ATO GoA 2 pada lintas dengan persinyalan konvensional. Rencana pengoperasian ini ditargetkan tidak memerlukan modifikasi pada prasarana yang sudah ada.

Sebelumnya SNCF sejak tahun 2016 sudah mengembangkan teknologi operasi ATO di lintas utama, dan pada tahun 2017 mulai mengujicobakan teknologi tersebut di lintas utama. Pada tahun 2018, SNCF meneken kerjasama pengembangan teknologi ATO di lintas utama dengan Alstom, Capgemini Group subsidiary Altran, Apsys, Hitachi Rail, dan Railenium. Uji coba yang dilakukan pada 29 Oktober ini merupakan kelanjutan dari penandatanganan kerjasama tersebut. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×