Bus Listrik INKA E-Inobus dan Higer Tampakkan Diri di Jakarta
[6/1] Setelah sebelumnya bus listrik merek Skywell menampakkan dirinya untuk TransJakarta, kali ini giliran bus listrik INKA E-Inobus dan Higer yang memulai proses uji coba. Kedua pabrikan ini juga sama-sama menawarkan bus listrik untuk keperluan TransJakarta.
E-Inobus INKA
Dilansir dari laman Facebook INKA, bus listrik E-Inobus ini telah diujicobakan di Jakarta mulai Desember 2020 kemarin. Uji coba bus listrik ini menurut mereka akan dilakukan selama 3 bulan lamanya di Jakarta bersama pihak TransJakarta. Proses uji coba ini bertujuan performansi baterai, motor, dan komponen-komponen lain pada bus listrik ini.
PT INKA saat ini sedang menawarkan bus listrik berukuran 8 meter ini pada pihak TransJakarta. TransJakarta sendiri kemudian menyaratkan bus listrik ini diujicobakan selama 3 bulan, dengan tahapan pra-uji coba 2 minggu dan uji operasi 3 bulan, dari tanggal 23 Desember 2020 hingga rencananya 6 April 2021 mendatang. Selama sehari, rata-rata bus listrik E-Inobus ini menempuh jarak 200 km di rute operasi TransJakarta.
Bus listrik E-Inobus ini adalah hasil kerjasama lokal dan mancanegara. Komponen drive train dan baterai berasal dari E-Tron Taiwan. Sedangkan untuk bodi dipercayakan ke Karoseri Piala Mas dari Malang. Sebelumnya bus listrik ini telah jalani uji coba di wilayah Madiun-Caruban pada Oktober 2020 lalu.
Bus Listrik Higer
Sementara itu bus listrik Higer juga telah menampakkan diri ke media. Dilansir dari Kompas, bus Higer ini didatangkan langsung dari Tiongkok untuk keperluan TransJakarta. PT Higer Maju Indonesia selaku pemegang merek bus ini menyebutkan pihaknya mendukung inisiatif TransJakarta untuk pengadaan kendaraan umum yang ramah lingkungan.
Bus listrik Higer ini sendiri telah diujicobakan selama 2 minggu terakhir oleh pihak TransJakarta. Menurut situs Haltebus, bus dengan tipe KLQ6125GEV ini juga diklaim telah mengantongi Sertifikat Uji Tipe dari Kementerian Perindustrian.
Dilansir dari instagram PT HMI, bus ini memiliki kapasitas baterai hingga 385 kWH yang diklaim sanggup menepuh jarak 300 km, dengan durasi pengisian 3-4 jam. PT HMI juga menyebutkan bus ini memiliki kapasitas 34 tempat duduk, dan berat 13 ton yang diklaim lebih ringan dari kompetitor dengan kapasitas baterai lebih kecil. (RED/IHF)
Pingback: Bus Listrik Higer Mulai Uji Coba Di Jalanan Ibu Kota