Berita KAIndonesia

Jalur KA Kalimantan Tengah Mulai Dibangun 2021

Bundaran Emas yang berada di Kabupaten Murung Raya
Bundaran Emas yang berada di Kabupaten Murung Raya | Foto: Borneo.id

[31/12] Tahun 2021 mendatang Pemerintah Pusat akan mulai membangun jaringan jalur kereta api di Provinsi Kalimantan Tengah sebagai bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN). Seperti dilansir dari Kompas.com, hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kalteng Yulindra Dedy.

Yulindra mengatakan salah satu kendala pembangunan jalur kereta api di Provinsi Kalimantan Tengah ini karena adanya perbedaan nomenklatur sehingga proyek yang seharusnya dimulai pada 2019 ini tertunda.

Namun masalah ini sudah diselesaikan dengan terbitnya Perpres mengenai PSN ini serta adanya penyesuaian nomenklatur. Diharapkan pada tahun 2021 sudah bisa dilakukan groundbreaking.

Terdapat penyesuaian trase pada pembangunan jalur ini. Jika trase sebelumnya dari Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya langsung menuju Batanjung, Kabupaten Kapuas. Pada trase baru ini, jalur akan melintasi Bangkuang. Yulindra mengatakan sudah dilakukan rapat mengenai pembangunan jalur fase Puruk Cahu – Bangkuang.

Yulindra mengatakan saat ini pihaknya tengah mengejar kesepakatan antara DPRD dengan pemerintah daerah. Tujuannya agar proyek ini mendapatkan jaminan politik dari Kementerian Keuangan.

Sementara untuk beberapa tahapan yang diperlukan seperti izin pinjam pakai kawasan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hingga penetapan trase oleh Kemenhub sudah selesai dilakukan.

Jika mengacu pada kontrak awal, nantinya jalur ini akan difokuskan untuk angkutan sumber daya alam (SDA). Namun tidak menutup kemungkinan ke depannya jalur ini juga akan digunakan untuk angkutan penumpang. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×