Jalur KA Kalimantan Tengah Mulai Dibangun 2021

Bundaran Emas yang berada di Kabupaten Murung Raya
Bundaran Emas yang berada di Kabupaten Murung Raya | Foto: Borneo.id

[31/12] Tahun 2021 mendatang Pemerintah Pusat akan mulai membangun jaringan jalur kereta api di Provinsi Kalimantan Tengah sebagai bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN). Seperti dilansir dari Kompas.com, hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kalteng Yulindra Dedy.

Yulindra mengatakan salah satu kendala pembangunan jalur kereta api di Provinsi Kalimantan Tengah ini karena adanya perbedaan nomenklatur sehingga proyek yang seharusnya dimulai pada 2019 ini tertunda.

Namun masalah ini sudah diselesaikan dengan terbitnya Perpres mengenai PSN ini serta adanya penyesuaian nomenklatur. Diharapkan pada tahun 2021 sudah bisa dilakukan groundbreaking.

Terdapat penyesuaian trase pada pembangunan jalur ini. Jika trase sebelumnya dari Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya langsung menuju Batanjung, Kabupaten Kapuas. Pada trase baru ini, jalur akan melintasi Bangkuang. Yulindra mengatakan sudah dilakukan rapat mengenai pembangunan jalur fase Puruk Cahu – Bangkuang.

Yulindra mengatakan saat ini pihaknya tengah mengejar kesepakatan antara DPRD dengan pemerintah daerah. Tujuannya agar proyek ini mendapatkan jaminan politik dari Kementerian Keuangan.

Sementara untuk beberapa tahapan yang diperlukan seperti izin pinjam pakai kawasan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hingga penetapan trase oleh Kemenhub sudah selesai dilakukan.

Jika mengacu pada kontrak awal, nantinya jalur ini akan difokuskan untuk angkutan sumber daya alam (SDA). Namun tidak menutup kemungkinan ke depannya jalur ini juga akan digunakan untuk angkutan penumpang. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: