JR Central Luncurkan Pengganti KRD Seri KiHa 85

[23/1] KRD KiHa 85 yang terkenal sebagai armada Ekspres Terbatas (Limited Express) Hida dan Nanki akan memiliki pengganti berupa KRD seri HC85. Sebelumnya pada 2018 lalu rekaan desain KRD seri ini telah diperkenalkan oleh JR Central.
Dilansir dari Tetsudo-Ch, KRD seri ini didesain agar dapat melaju hingga 120 km/jam dengan sistem hibrid. JR Central sebelumnya telah mengujicoba KRD jenis ini selama setahun. Berdasarkan hasilnya, diputuskan KRD seri KiHa 85 ini digantikan oleh KRD HC85. Dari 2022 hingga 2023, 64 kereta seri HC85 ini akan diproduksi. Sedangkan 4 kereta prototipe akan dimodifikasi sesuai spesifikasi produksi. Diperkirakan biaya pembuatan KRD seri HC85 termasuk konversi prototipe ini mencapai 31 miliar Yen.
Sistem hibrid KRD seri HC85 sendiri memiliki sistem penyimpanan energi berupa baterai yang digunakan saat akselerasi dan deselerasi. Selain itu, pada sistem ini dimungkinkan untuk idling stop saat berhenti, dan memungkinkan bagian berputar seperti poros penggerak untuk dihilangkan. Penggunaan sistem hibrid ini memungkinkan efisiensi bahan bakar hingga 35%, emisi karbon dioksida hingga 30%, dan nitrogen oksida hingga 40% dibanding KiHa 85. Sementara penghilangan poros penggerak memungkinkan peningkatan kenyamanan dan pengurangan kebisingan.
Tingkat kebisingan juga berkurang dengan teknik pemasangan mesin pada struktur antigetar dan lantai kedap suara. Sementara itu pada komponen bogie memiliki teknologi yang dapat mengurangi jumlah las-lasan hingga 60%. Bogie baru ini juga dirancang untuk mengurangi vibrasi dan memiliki perangkat monitor vibrasi. Selain itu, terdapat perangkat keselamatan untuk mencegah anjlokan, dan perkuatan sejumlah komponen dalam menghadapi benturan terhadap rusa.
Dari segi kenayamanan penumpang, interior KRD seri HC85 ini dilengkapi dengan wi-fi dan colokan listrik. Selain itu tersedia rak bagasi berukuran besar, dan fasilitas untuk difabel seperti ruang kursi roda dan toilet multifungsi. (RED/IHF)