Berita KAInternasionalKereta Api

JR Central Luncurkan Pengganti KRD Seri KiHa 85

KRD pengganti KiHa 85, HC85
Gambar 3 dimensi resmi KRD seri HC85 | Foto: JR Central via Tetsudo-Ch

[23/1] KRD KiHa 85 yang terkenal sebagai armada Ekspres Terbatas (Limited Express) Hida dan Nanki akan memiliki pengganti berupa KRD seri HC85. Sebelumnya pada 2018 lalu rekaan desain KRD seri ini telah diperkenalkan oleh JR Central.

Dilansir dari Tetsudo-Ch, KRD seri ini didesain agar dapat melaju hingga 120 km/jam dengan sistem hibrid. JR Central sebelumnya telah mengujicoba KRD jenis ini selama setahun. Berdasarkan hasilnya, diputuskan KRD seri KiHa 85 ini digantikan oleh KRD HC85. Dari 2022 hingga 2023, 64 kereta seri HC85 ini akan diproduksi. Sedangkan 4 kereta prototipe akan dimodifikasi sesuai spesifikasi produksi. Diperkirakan biaya pembuatan KRD seri HC85 termasuk konversi prototipe ini mencapai 31 miliar Yen.

Sistem hibrid KRD seri HC85 sendiri memiliki sistem penyimpanan energi berupa baterai yang digunakan saat akselerasi dan deselerasi. Selain itu, pada sistem ini dimungkinkan untuk idling stop saat berhenti, dan memungkinkan bagian berputar seperti poros penggerak untuk dihilangkan. Penggunaan sistem hibrid ini memungkinkan efisiensi bahan bakar hingga 35%, emisi karbon dioksida hingga 30%, dan nitrogen oksida hingga 40% dibanding KiHa 85. Sementara penghilangan poros penggerak memungkinkan peningkatan kenyamanan dan pengurangan kebisingan.

Tingkat kebisingan juga berkurang dengan teknik pemasangan mesin pada struktur antigetar dan lantai kedap suara. Sementara itu pada komponen bogie memiliki teknologi yang dapat mengurangi jumlah las-lasan hingga 60%. Bogie baru ini juga dirancang untuk mengurangi vibrasi dan memiliki perangkat monitor vibrasi. Selain itu, terdapat perangkat keselamatan untuk mencegah anjlokan, dan perkuatan sejumlah komponen dalam menghadapi benturan terhadap rusa.

Dari segi kenayamanan penumpang, interior KRD seri HC85 ini dilengkapi dengan wi-fi dan colokan listrik. Selain itu tersedia rak bagasi berukuran besar, dan fasilitas untuk difabel seperti ruang kursi roda dan toilet multifungsi. (RED/IHF)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×