JR Central Perkenalkan Desain Pengganti KRD KiHa 85

Desain pengganti KRD KiHa 85 | Foto: JR Central via Mynavi News

[25/10] Setelah malang melintang selama hampir 30 tahun, akhirnya KRD KiHa 85 JR Central mulai tampak juga penggantinya.

Sesuai dengan yang dilansir dari Mynavinews, pada 7 Juli lalu pihak JR Central memperkenalkan desain pengganti KRD KiHa 85 ini ke publik.

Berdasarkan desain eksterior yang dirilis oleh JR Central, tampak desain livery berupa garis oranye yang memanjang dari bagian depan kereta ke bagian atas jendela penumpang. Sementara itu desain bodinya tampak lebih modern dari desain KRD di JR Central saat ini.

Tidak hanya tampilan baru, JR Central merencanakan peningkatan layanan pada penumpang dengan KRD seri baru ini. Direncanakan akan ada CCTV, colokan listrik di setiap kursi, ruang bagasi, ruang kursi roda, dan toilet ramah difabel. Selain itu, direncanakan akan dipasang peredam semiaktif di Green Car yang dapat mengurangi guncangan selama perjalanan.

Sementara untuk sistem propulsi, JR Central mencanangkan akan menggunakan sistem hibrid. Sistem hibrid ini bekerja dengan menggabungkan daya dari mesin diesel dan juga akumulator untuk menggerakkan rangkaian. Sistem ini dikatakan akan mampu meningkatkan efisiensi dan keandalan operasi dibandingkan sistem konvensional yang digunakan KRD KiHa 85.

Sistem hibrid ini tentu saja juga dilengkapi dengan sistem pengereman regeneratif. Dengan sistem pengereman regeneratif ini, energi dari pengereman dapat dimanfaatkan untuk mengisi akumulator penggerak. Efisiensi konsumsi bahan bakar dengan sistem baru ini ditargetkan mencapai 15%.

Selain itu, perjalanan juga akan lebih hening dengan KRD seri baru ini. Hal ini dapat dicapai dengan mengurangi jumlah mesin dari dua menjadi satu unit saja. Selain itu, sistem propulsi baru ini juga dilengkapi dengan fungsi idle stop untuk mematikan mesin saat idle.

Hingga saat ini, JR Central sedang mengembangkan teknologi yang dibutuhkan untuk sistem hibrid ini. KRD desain baru ini direncanakan akan keluar prototipenya pada tahun 2019, sedang target produksi massalnya adalah tahun 2022 mendatang.

Lalu, akan kemanakah KRD KiHa 85 ini setelah pensiun kelak? Akankah ada operator KA di luar Jepang yang tertarik? Waktulah yang akan menjawab kelak.

Referensi

Mynavi News

RED|IHF

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: