Berita KAIndonesia

Kemenhub Gandeng Perguruan Tinggi Untuk Kembangkan Kereta Api

Bogie buatan Barata Indonesia saat akan dipasang pada lokomotif CC 206 di Balai Yasa Pengok
Bogie buatan Barata Indonesia saat akan dipasang pada lokomotif CC 206 di Balai Yasa Pengok | Foto: Antara

[24/1] Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) menggandeng sejumlah perguruan tinggi di Indonesia untuk mengembangkan moda transportasi kereta api. Seperti dilansir dari Tribunnews, perguruan tinggi yang digandeng oleh Balitbanghub di antaranya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Lampung (Unila), dan sejumlah perguruan tinggi lainnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pembangunan di sektor kereta api ini harus bisa menghubungkan dan mempermudah akses masyarakat ke kawasan produksi. Hal ini untuk memberi solusi atas keterbatasan layanan jalan raya.

Selain itu, Budi juga mengatakan perkembangan teknologi perkeretaapian semakin pesat serta banyak transfer teknologi perkeretaapian yang diterima Indonesia sehingga dibutuhkan SDM yang handal dan kompeten supaya transfer teknologi yang didapat bisa diterapkan dengan baik.

Sementara itu, Direktur Keselamatan Perkeretaapian Makjen Sinaga mengatakan dibutuhkan sejumlah strategi untuk mengembangkan perkeretaapian nasional. Di antaranya adalah pengembangan jaringan pelayanan, peningkatan keamanan dan keselamatan, alih teknologi dan pengembangan industri, pengembangan SDM, pengembangan kelembagaan, serta investasi dan pendanaan.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “Kemenhub Gandeng Perguruan Tinggi Untuk Kembangkan Kereta Api

  • Min, bisa nggak kemenhub gandeng anak SMP kayak saya soalnya kalau saya suka kereta mama saya bilang harus bisa bikin kereta & mengatur grafik perjalanan kereta api min

    Balas

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×