Kemenhub Gandeng Perguruan Tinggi Untuk Kembangkan Kereta Api

Bogie buatan Barata Indonesia saat akan dipasang pada lokomotif CC 206 di Balai Yasa Pengok
Bogie buatan Barata Indonesia saat akan dipasang pada lokomotif CC 206 di Balai Yasa Pengok | Foto: Antara

[24/1] Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) menggandeng sejumlah perguruan tinggi di Indonesia untuk mengembangkan moda transportasi kereta api. Seperti dilansir dari Tribunnews, perguruan tinggi yang digandeng oleh Balitbanghub di antaranya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Lampung (Unila), dan sejumlah perguruan tinggi lainnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pembangunan di sektor kereta api ini harus bisa menghubungkan dan mempermudah akses masyarakat ke kawasan produksi. Hal ini untuk memberi solusi atas keterbatasan layanan jalan raya.

Selain itu, Budi juga mengatakan perkembangan teknologi perkeretaapian semakin pesat serta banyak transfer teknologi perkeretaapian yang diterima Indonesia sehingga dibutuhkan SDM yang handal dan kompeten supaya transfer teknologi yang didapat bisa diterapkan dengan baik.

Sementara itu, Direktur Keselamatan Perkeretaapian Makjen Sinaga mengatakan dibutuhkan sejumlah strategi untuk mengembangkan perkeretaapian nasional. Di antaranya adalah pengembangan jaringan pelayanan, peningkatan keamanan dan keselamatan, alih teknologi dan pengembangan industri, pengembangan SDM, pengembangan kelembagaan, serta investasi dan pendanaan.(RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Kemenhub Gandeng Perguruan Tinggi Untuk Kembangkan Kereta Api

  • Minggu, 24 Januari 2021 pada GMT+0700 13:39
    Permalink

    Min, bisa nggak kemenhub gandeng anak SMP kayak saya soalnya kalau saya suka kereta mama saya bilang harus bisa bikin kereta & mengatur grafik perjalanan kereta api min

    Balas

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: