KA Bandara Adi Soemarmo Solo dan Railbus Batara Kresna Kembali Beroperasi

Rangkaian Railbus Batara Kresna
Railbus Batara Kresna melintasi wilayah Galabo menuju Stasiun Solokota

[2/1] Kabar gembira di awal tahun 2021 untuk KA komuter di wilayah Solo dan sekitarnya. Railbus (Bus Rel) Batara Kresna relasi Purwosari-Wonogiri dan KA Bandara Adi Soemarmo (BIAS) relasi Klaten-Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo kembali beroperasi mulai Jumat (1/1). Kedua layanan ini kembali beroperasi setelah sebelumnya berhenti selama beberapa bulan lamanya.

Bus Rel Batara Kresna

Dilansir dari Solopos, Bus Rel Batara Kresna beroperasi kembali setelah sebelumnya Ditjen Perkeretaapian menghentikan operasional KA perintis ini sejak Mei 2020 lalu. Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto menyebutkan Bus Rel Batara Kresna kembali beroperasi setelah PT KAI mendapat penugasan oleh Ditjen Perkeretaapian untuk angkutan KA perintis sesuai surat penugasan.

Bus Rel Batara Kresna kembali beroperasi dengan 4 jadwal sehari seperti sediakala. Bus Rel Batara Kresna berangkat dari Purwosari pukul 06.00 dan 10.00, sedangkan dari Wonogiri berangkat pukul 08.00 dan 12.00. Dalam perjalanannya Bus Rel dengan tarif hanya 4.000 Rupiah ini berhenti di Stasiun Solo Kota, Sukoharjo, Pasarnguter, dan Wonogiri.

KA Bandara Adi Soemarmo (KA BIAS)

Rangkaian KA Bandara Adi Soemarmo
Rangkaian KA Bandara Adi Soemarmo (KA BIAS) | Foto: Gandhi Putra Gangga, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

Di lain pihak, KA Bandara Adi Soemarmo beroperasi kembali setelah berhenti beroperasi pada April 2020 lalu. Dilansir dari Inews, pihak PT KAI Daop 6 mengoperasikan KA Bandara Adi Soemarmo sebanyak 34 perjalanan. 34 perjalanan ini terbagi atas tiga relasi, yaitu 22 perjalanan relasi Klaten-Bandara Adi Soemarmo, 10 perjalanan relasi Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo, dan 2 perjalanan relasi Klaten-Solo Balapan.

Untuk tarif yang berlaku adalah 15.000 Rupiah untuk relasi Klaten-Bandara Adi Soemarmo, 7.000 Rupiah untuk relasi Solo Balapan-Adi Soemarmo, dan 8.000 Rupiah untuk relasi Klaten-Solo Balapan. KA Bandara Adi Soemarmo dari Klaten berhenti di Stasiun Purwosari, Solo Balapan, dan Kadipiro.

Calon pengguna dapat memesan tiket Railbus Batara Kresna dan KA Bandara Adi Soemarmo dengan aplikasi KAI Access mulai H-7 perjalanan. Sedang syarat protokol kesehatan yang berlaku adalah protokol kesehatan KA lokal, dengan pengguna wajib dalam kondisi sehat dan suhu tubuh tidak lebih dari 37,3 derajat Celsius. Pengguna juga wajib mengenakan masker selama perjalanan dan diimbau mengenakan pakaian lengan panjang atau jaket. Sedang kapasitas yang dijual adalah 70% kapasitas. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: