Layanan KA Fakultatif Moonlight Nagara akan Berhenti Beroperasi

KRL seri 185 Moonlight Nagara
KRL seri 185 yang terkenal sebagai armada KA Moonlight Nagara | Foto: Rsa, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

[24/1] Layanan KA Moonlight Nagara yang beroperasi secara fakultatif (beroperasi pada saat tertentu) dengan relasi Tokyo-Ogaki, Prefektur Gifu yang terkenal dengan KRL seri 185nya akan berhenti beroperasi secara resmi.

Dilansir dari Trafficnews, JR East dan JR Central mengumumkan penghentian layanan KA ini pada Jumat (22/1) kemairn. Menurut mereka, alasan penghentian layanan KA fakultatif ini adalah perubahan pasar dan armada yang telah menua.

Layanan KA fakultatif ini sesungguhnya telah lama tidak beroperasi akibat pandemi COVID-19. KA Moonlight Nagara terakhir beroperasi pada musim semi tahun lalu, yaitu Maret 2020. Akibat pandemi COVID-19, layanan KA fakultatif ini tidak beroperasi pada musim panas dan musim dingin 2020. Sedangkan armada KRL seri 185 yang biasanya berdinas dengan KA ini rencananya akan pensiun pada Maret 2021 mendatang.

Dilansir dari Biglobe, layanan KA Moonlight Nagara diluncurkan pada tahun 1996 lalu. Layanan ini populer di kalangan muda karena menyediakan tarif yang murah untuk bepergian dari Tokyo ke Prefektur Gifu, apalagi jika layanan tiket “Seishun 18” sedang teresdia. Akan tetapi pada tahun 2009, karena gempuran bus malam tarif diskon, layanan KA ini pun turun kelas menjadi KA fakultatif. (RED/IHF)

Iklan dari Mitra

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: