Buang Puntung Rokok Sembarangan, Satu Kereta Terbakar di India

Kereta penumpang yang terbakar akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan di India | Twitter @utkarsh88 via Suara.com

[26/3] Satu unit kereta penumpang hangus terbakar setelah seorang penumpang membuang puntung rokok sembarangan di Raiwa, Uttarakand, India pada 13 Maret sore. Dalam video yang diunggah akun Twitter @utkarsh88, terlihat api melalap seluruh kereta.

Seperti dilansir dari Suara.com, kebakaran terjadi pada rangkaian KA Shatabdi Express relasi New Delhi-Dehradun. Diketahui kereta yang terbakar menggunakan toilet bergaya barat yang menggunakan tisu toilet.

Diduga seorang penumpang merokok di toilet dan membuang puntung rokok ke dalam tempat sampah yang berisi tisu bekas tanpa mematikannya terlebih dulu. Alhasil tisu bekas langsung terbakar.

Beruntung alarm kebakaran langsung menyala saat api membesar sehingga kereta bisa langsung dihentikan dan penumpang bisa dievakuasi. Kereta yang terbakar langsung dilepas dari rangkaian untuk mencegah api menyebar ke kereta lainnya.

Beruntung tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa ini. Dari hasil investigasi yang dilakukan, kesimpulan puntung rokok menjadi penyebab kebakaran diambil melihat kebiasaan penumpang yang seringkali merokok di toilet.

Selain itu, toilet sebelah kiri kereta mengalami kerusakan struktural paling parah dari seluruh rangkaian kereta. Sehingga penyebab lain seperti konsleting, rem, hingga sabotase bisa dikesampingkan. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×