Mulai 26 Maret, KAI Commuter Adakan Promo Tukar THB dengan KMT

Kartu Multi Trip
Ilustrasi Kartu Multi Trip | Foto: Twitter KAI Commuter

[26/3] Kebijakan stasiun khusus Kartu Multi Trip (KMT) yang semakin meluas menyebabkan penolakan dari sejumlah kalangan seperti Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan KRL Mania. KAI Commuter pun memberi promo penukaran Tiket Harian Berjaminan (THB) dengan Kartu Multi Trip (KMT).

Dilansir dari siaran pers KAI Commuter, dalam program ini pengguna dapat menukarkan THB mereka dengan KMT dengan hanya menambah Rp10.000 untuk isi saldo awal. Uang Rp10.000 ini dapat diperoleh dari uang jaminan yang biasa didapat saat pengguna menukarkan THB. Dengan kata lain, pembaca tinggal menukarkan THB dan uang jaminannya digunakan untuk mengisi saldo awal Rp10.000.

Normalnya, KMT dijual oleh KAI Commuter dengan harga Rp30.000 dengan saldo Rp10.000. Promo ini akan berlangsung dari Jumat (26/3) besok di 10 stasiun yang akan menjadi stasiun khusus KMT. Terdapat 1.000 KMT dengan harga promo di 10 stasiun tersebut. Promo ini berlaku selama 7 hari kerja, dengan total 7.000 KMT harga promo yang disebar.

KAI Commuter sendiri mengklaim penggunaan uang elektronik untuk naik KRL meningkat. Transaksi nontunai mencakup 73,3% pada tahun 2020 dan naik menjadi 78,9% di tahun 2021. Sementara untuk pelayanan transaksi THB (isi ulang dan refund) masih tersedia di 62 stasiun. Untuk pengguna yang tidak rutin KAI Commuter menawarkan solusi tiket elektronik dengan kode QR (saat ini masih terbatas dengan LinkAja-REDaksi).

KAI Commuter juga menyebutkan rata-rata 2.995 THB tidak dikembalikan pada tahun 2020. Sedangkan pada Februari 2021 rata-rata ini adalah 2.732 THB tidak dikembalikan. KCI menilai hal ini merugikan pengguna THB sendiri karena uang jaminan THB hanya berlaku 7 hari, dan setelah itu tidak dapat ditukarkan lagi (hangus).

Selain itu, KAI Commuter mengklaim transaksi nontunai dapat mengurangi penyebaran wabah COVID-19 melalui transaksi uang tunai. Selain itu menurut mereka kebijakan ini mendukung program Gerakan Nasional Non Tunai yang dicanangkan oleh pemerintah. (RED/IHF)

Ralat 26/3 14:57-Perbaikan susunan kata agar lebih jelas jika uang jaminan ditukarkan untuk mengisi saldo awal KMT promo ini. Tim REDaksi memohon maaf atas ketidaknyamanannya.

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: