Canadian Pacific dan Kansas City Southern Resmi Sepakat untuk Merger

Ilustrasi lokomotif Canadian Pacific
Ilustrasi lokomotif Canadian Pacific, #8809 bertipe GE ES44AC | Foto: David Wilson, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

[23/3] Dua perusahaan KA di Amerika Utara yaitu Canadian Pacific (CP) dan Kansas City Southern (KCS) resmi memasuki kesepakatan merger pada Minggu (21/3) kemarin.

Dilansir dari rilis pers Canadian Pacific, dalam proses merger ini pihak CP sepakat untuk mengakuisisi saham Kansas City Southern dalam transaksi uang dan saham bernilai sekitar 29 miliar Dolar Amerika. Transaksi ini termasuk pengambilalihan utang KCS sebanyak 3,8 miliar Dolar Amerika. Transaksi ini telah mendapat dukungan dari dewan direksi kedua perusahaan dan menempatkan nilai saham KCS sebesar 275 Dolar Amerika per lembar saham.

Setelah penutupan voting trust, pemegang saham biasa KCS akan menerima 0,489 saham CP dan 90 Dolar Amerika per saham KCS yang dipegang. CP akan mengakuisisi saham KCS dan menempatkannya dalam voting trust untuk menginsulasi KCS dari kendali CP. Diperkirakan proses pembentukan voting trust akan selesai pada pertengahan 2021. Insulasi ini bersifat sementara hingga Surface Transportation Board mengizinkan CP memegang kendali. Manajemen KCS pun akan beroperasi secara independen dalam periode ini.

Lokomotif Kansas City Southern Railway
Ilustrasi lokomotif Kansas City Southern Railway, perusahaan ini pada Minggu (21/3) kemarin mulai diakuisisi Canadian Pacific | Foto: James St. John, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

Menyusul persetujuan akhir dari STB, transaksi ini akan menggabungkan dua jaringan untuk membentuk jaringan KA yang dapat menghubungkan Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko. Jaringan ini akan bergabung di Kansas City, Missouri dengan sistem CP menghubungkan Kanada, AS Barat Tengah, dan AS Timur Laut. Sedangkan sistem KCS menghubungkan AS Selatan Tengah dan Meksiko. CP memperkirakan proses peninjauan oleh STB ini akan selesai pada pertengahan 2022, dan pada saat itu juga kedua perusahaan akan terintegrasi.

Peta Canadian Pacific-Kansas City Southern
Peta jaringan kombinasi Canadian Pacific-Kansas City Southern | Foto: Canadian Pacific

Pihak CP berharap proses merger ini dapat meningkatkan jangkauan pasar, penawaran transportasi kompetitif, dan dukungan terhadap ekonomi Amerika Utara. Perusahaan gabungan ini akan mengoperasikan sekitar 20.000 mil rel, mempekerjakan sekitar 20.000 orang, dan memiliki pendapatan sekitar 8,7 miliar Dolar Amerika pada 2020.

CP dan KCS juga meluncurkan situs web untuk para pemegang kepentingan dengan alamat https://futureforfreight.com/(RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: