KRL Tokyo Metro Seri 7000 Mulai Pensiun di Jepang

Tokyo Metro Seri 7000 7110F
KRL Tokyo Metro Seri 7000 rangkaian 7110F saat masih berdinas | Foto: Wikimizuki, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

[3/3] Berdinasnya KRL Tokyo Metro seri 17000 menandakan KRL Tokyo Metro seri 7000 di Jalur Yurakucho dan Fukutoshin mulai masuk masa pensiun.

Dilansir dari Tetsudo-ch, pada akhir Februari lalu terdapat salah satu rangkaian KRL Tokyo Metro seri 7000 udah ditarik dari kedinasan dan dibawa dari Shin-Kiba ke tempat perucatan. Berdasarkan penelusuran Tim REDaksi, rangkaian ini adalah 7110F yang sudah dibawa ke tempat perucatan pada 26 Februari. Rangkaian ini adalah rangkaian KRL seri 7000 stamformasi 10 kereta, dan menjadi KRL seri 7000 pertama yang dirucat setelah adanya KRL Tokyo Metro seri 17000.

Menurut data Tokyo Metro, hingga Maret 2020 terdapat 15 rangkaian KRL seri 7000 stamformasi 8 kereta (120 kereta), dan 6 rangkaian KRL seri 7000 stamformasi 10 kereta (60 kereta). KRL seri 7000 mulai berdinas tahun 1974 dan aslinya menggunakan traksi AVF Chopper. Sejumlah rangkaian ini kemudian diremajakan menjadi traksi VVVF-IGBT.

Namun mulai 2008 hingga 2010 dengan kehadiran KRL Tokyo Metro seri 10000, sejumlah rangkaian KRL Tokyo Metro seri 7000 pun pensiun dan dirucat. Sementara sebagian lainnya dipertahankan baik dalam stamformasi 8 atau 10 kereta. Sedang empat rangkaian, seluruhnya bertraksi AVF Chopper dijual ke Indonesia.

Keempat rangkaian yang dijual adalah rangkaian 7117F, 7121F, 7122F, dan 7123F yang tiba pada 2010 lalu. Rangkaian 7121F telah dirucat akibat bertabrakan dengan truk tangki pada tahun 2013, sedang rangkaian 7117F telah lama tidak tampak di lintas.

Sementara itu KRL Tokyo Metro seri 17000 direncanakan akan menggantikan seluruh KRL Tokyo Metro seri 7000 dalam kurun 2 tahun. Rencananya hingga April 2021 mendatang akan ada 6 rangkaian KRL seri 17000 stamformasi 10 kereta (60 kereta). Sedang hingga akhir 2022 rencananya akan ada 15 rangkaian KRL seri 17000 stamformasi 8 kereta. Pada akhirnya akan ada 21 rangkaian dengan total 180 kereta yang tersedia. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

2 thoughts on “KRL Tokyo Metro Seri 7000 Mulai Pensiun di Jepang

  • Kamis, 15 April 2021 pada GMT+0700 09:22
    Permalink

    Iya juga sih, seharusnya TM7000 yang udah pensiun di Jepang buat Indonesia aja, soalnya TM7000 di Indonesia udah tinggal 2 set

    Balas

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: