Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta Api

KRL Yogyakarta-Solo akan Diperpanjang ke Madiun dan Kutoarjo

KRL Yogyakarta-Solo
Rangkaian SLO32 saat memasuki Stasiun Solo Balapan. Pemerintah telah mencanangkan jaringan KRL Yogyakarta-Solo diperpanjang hingga Madiun. | Foto: Angin Elandajagat

[2/3] Kabar baik dari awal bulan Maret ini, pasalnya KRL Yogyakarta-Solo akan diperpanjang ke Madiun dan Kutoarjo.

Dilansir dari Harian Jogja, pada Minggu (28/2) kemarin Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerangkan rencana perpanjangan ini dilakukan karena KRL sebagai moda angkutan massal masa depan harus ditingkatkan. Oleh karenanya ia mencanangkan KRL Yogyakarta-Solo akan diperpanjang ke barat dari Yogyakarta hingga Kutoarjo, dan ke timur dari Solo hingga Madiun.

Budi Karya membayangkan mobilitas warga sekitar akan meningkat karena mudahnya jangkauan moda transportasi. Ia mencontohkan warga Madiun dapat bekerja di Yogyakarta atau sebaliknya. Sebagai informasi, di masa lalu pernah ada KA Madiun Jaya yang menghubungkan Yogyakarta dengan Madiun dengan armadq KRDI, tetapi KA ini sudah lama tidak beroperasi lagi.

Perpanjangan KRL Yogyakarta-Solo sendiri untuk saat ini yang sudah terlihat progres tendernya adalah perpanjangan dari Solo Balapan ke Solo Jebres. Rencananya perpanjangan ini akan selesai pada tahun 2022 mendatang. Perpanjangan ke Kutoarjo juga telah direncanakan pada tahun 2021, tetapi belum ada tender terkait.

Sementara itu pada hari Senin (1/3) kemarin, Presiden Joko Widodo juga meresmikan KRL Yogyakarta-Solo. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “KRL Yogyakarta-Solo akan Diperpanjang ke Madiun dan Kutoarjo

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×