DKI Jakarta Bocorkan Rencana Penataan Stasiun Tebet

Penataan Stasiun Tebet
Rencana penataan Stasiun Tebet | Foto: Pemprov DKI Jakarta

[23/4] Setelah sebelumnya mulai menata Stasiun Gondangdia, kali ini pemerintah DKI Jakarta bocorkan rencana penataan Stasiun Tebet. Penataan ini merupakan bagian dari rencana penataan tahap kedua. Selain Tebet, juga ada Stasiun Manggarai, Stasiun Gondangdia, Stasiun Palmerah, dan Stasiun Jakarta Kota.

Dilansir dari laman Facebook Pemprov DKI Jakarta, terdapat sejumlah rencana penataan yang akan dilakukan terhadap stasiun ini. Rencana penataan sendiri akan melibatkan PT KAI, PT MRT Jakarta, dan 15 pihak lainnya.

Penataan Stasiun Tebet
Peta situasi titik-titik yang akan ditata di Stasiun Tebet | Foto: Pemprov DKI Jakarta

Dalam rencana tersebut, tampak penataan Stasiun Tebet akan dibagi menjadi dua bagian. Yaitu plasa timur dan plasa barat. Baik di plasa barat dan plasa timur akan ada kios/pujasera, pedestrian, parkir sepeda, halte TransJakarta dan Mikrotrans, serta sunken plaza. Sedangkan ojek pangkalan dan ojek daring (ojek online/ojol) rencananya berada di plasa barat.

Penataan Stasiun Tebet
Penataan Stasiun Tebet berupa jalur pedestrian | Foto: Pemprov DKI Jakarta

Dari render yang ada, tampak akses Stasiun Tebet akan ditata agar lebih rapi. Begitu pula koridor pedestrian akan dipercantik dengan atap tembus pandang dan jalur tunanetra (tactile path). Sementara itu halte TransJakarta akan dilengkapi dengan ruang untuk signage dan iklan.

Penataan Stasiun Tebet
Rencana penyediaan lapak kios di sekitar stasiun | Foto: Pemprov DKI Jakarta

Untuk kios rencananya akan memuat PKL, pujasera, dan ritel. Tampak dalam render kios pujasera dan PKL berada di atas tanah. Sedangkan kios ritel berada di bawah tanah yaitu sunken plaza dengan akses berada di sisi utara bagian penataan.

Pangkalan ojek daring dan ojek pangkalan
Penataan Stasiun Tebet berupa penyediaan pangkalan ojek pangkalan dan ojek daring (ojol) | Foto: Pemprov DKI Jakarta

Sementara pangkalan ojek daring dan ojek pangkalan letaknya terpisah. Ojek pangkalan berada di sisi selatan area penataan, tepat di sebelah stasiun. Sedangkan ojek daring berada di sisi utara area penataan, di dekat putaran TransJakarta sisi barat. Kemudian ada pangkalan bajaj yang letaknya berada di barat stasiun. Kesemua pangkalan ini direncanakan akan memiliki lahan parkir sendiri agar tidak mengganggu badan jalan.

Pangkalan bajaj dan parkir sepeda
Penataan Stasiun Tebet berupa penyediaan pangkalan bajaj, parkiran sepeda, serta pick up and drop off mikrotrans | Foto: Pemprov DKI Jakarta

Terakhir akan terdapat parkiran sepeda dan titik pick up and drop off mikrotrans yang keduanya berada berdekatan dengan halte TransJakarta. Baik halte TransJakarta, parkiran sepeda, dan pick up and drop off mikrotrans akan ada di plasa barat dan timur. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: