BusBus Antarkota/Pariwisata

Inilah Pembatasan Terminal Bus AKAP di Jakarta Selama Libur Lebaran 2021

Bus Pahala Kencana
Ilustrasi bus Pahala Kencana Jakarta-Madura di terminal Tanjung Priok | Foto : RED/Rico Perdana Putra

[10/4] Selain kereta api, moda transportasi lain yang terkena pembatasan imbas dari aturan larangan mudik adalah Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Sama seperti kereta api, bus juga akan dibatasi pelayanannya. Batasan tersebut adalah menutup perjalanan bus AKAP khususnya jarak jauh di sebagian terminal kawasan Jakarta.

Dilansir dari Oto.Detik dan Antara News, terminal yang berhenti melayani bus AKAP jarak jauh selama periode 6-17 Mei 2021 antara lain terminal Kampung Rambutan, Tanjung Priok, dan Kalideres. Sedangkan bus AKAP jarak dekat yang menghubungkan wilayah Jabodetabek tetap beroperasi selama pembatasan.

Bus DMI
Ilustrasi bus DMI Jakarta-Wonosobo di terminal Pulogebang | Foto: RED/Rico Perdana Putra

Satu-satunya terminal yang aktif untuk bus AKAP jarak jauh adalah terminal Pulogebang, namun hanya bisa melayani perjalanan darurat yang dibatasi secara selektif. Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, pelayanan terminal Pulogebang yang selektif dimaksudkan untuk calon penumpang yang memiliki keperluan mendesak seperti kabar duka, kesehatan, sakit, dan faktor lainnya.

Berbeda dengan Jakarta, terminal Baranangsiang yang juga melayani bus AKAP dan AKDP di kota Bogor belum memutuskan untuk ditututp sementara. Berdasarkan wawancara Megapolitan Kompas kepada Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor, Eko Prabowo, terminal Baranangsiang tetap beroperasi mengikuti arahan dan kewenangan dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek. (RED/EPP)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×