KAI Resmikan Masjid Al-fattah Stasiun Cibatu

peresmian masjid Al Fattah Stasiun Cibatu
Dirut KAI Didiek Hartantyo saat menandatangani prasasti tanda diresmikannya Masjid Al-fattah Stasiun Cibatu | Foto: Kereta Api Kita

[10/4] KAI membuka secara resmi Masjid Al-fattah yang berada di Stasiun Cibatu, Garut, Jawa Barat. Seperti dilansir dari Sonora.id, peresmian dilakukan secara langsung oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Dibukanya Masjid Al-fattah ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian oleh Dirut KAI. Peresmian ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat seperti Camat Cibatu Sardiman Tanjung, Komandan Koramil Cibatu Kapten Inf. Ade Army Barkah, Kapolsek Cibatu AKP M. Duhri, dan Kepala Desa Cibatu Dadang Sulaeman.

Didiek mengatakan dibangunnya masjid ini merupakan bentuk syukur KAI telah menghasilkan sesuatu yang bernilai untuk masyarakat. Masjid Al-fattah sendiri dibangun oleh anak usaha KAI di bidang properti, KAI Properti (sebelumnya KA Properti Manajemen/KAPM).

Masjid ini diberi nama Al-fattah yang diambil dari salah satu nama Allah dalam Asmaul Husna yang berarti Maha Pembuka Berkah. Didiek mengatakan dengan nama Al-fattah diharapkan dapat memberikan berkah baik bagi KAI maupun masyarakat terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

Bangunan Masjid Al-fattah yang berada di Stasiun Cibatu | Foto: Detik

Didiek mengatakan hadirnya Masjid Al-fattah diharapkan bisa menjadi landmark baru untuk Stasiun Cibatu. Masjid Al-fattah memiliki luas 4.858,75 m² dengan kapasitas jemaah 1.150 orang. Masjid ini juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti pedestrian, tempat wudu, dan toilet. Masjid ini mulai dibangun pada September 2019.

Sementara dilansir dari Detik, arsitektur masjid ini terinspirasi dari Masjid Faisal Islamabad di Pakistan. Arsitekturnya memadukan gaya arsitektur modern dengan gaya langgam lokal. Sentuhan unsur lokal Sunda juga menghiasi bangunan masjid.

Ini merupakan masjid kedua yang dibangun KAI di wilayah Daop 2 Bandung. Sebelumnya pada 5 Maret lalu, Dirut KAI juga meresmikan Masjid Al Mukmin yang berada di loket utara Stasiun Bandung. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: