INKA Lakukan Preservasi Pada Si Belo Kuda Troya

Si Belo Kuda Troya INKA
Kereta Si Belo Kuda Troya yang diangkut dengan truk untuk dipreservasi | Foto: Zidan Nando

[7/4] Satu lagi sarana perkeretaapian bersejarah akan dipreservasi. Jagat media sosial pecinta kereta api dihebohkan dengan kemunculan kereta penumpang buatan INKA yang pertama, Si Belo Kuda Troya.

Dalam foto yang beredar di media sosial, terlihat kereta berwarna oranye diangkut menggunakan truk trailer di dalam komplek INKA. Tertera pula nomor seri kereta CW 9X01 dengan tulisan “Prototip Si Belo Kuda Troya” di sampingnya.

Kondisi kereta terlihat masih kosong tanpa interior, jendela, dan ventilasi. Bogie kereta juga terlihat masih belum dipasang.

Awalnya banyak yang mengira kereta yang diangkut merupakan replika. Namun dari informasi yang beredar di media sosial, kereta tersebut merupakan unit asli dari Si Belo Kuda Troya.

Perlu diketahui kereta prototipe Si Belo Kuda Troya sempat mangkrak selama bertahun-tahun di kebun belakang workshop INKA. Sampai akhirnya pada tahun 2013, kereta prototipe Si Belo Kuda Troya ditarik keluar dan dimodifikasi menjadi kantor. Belum diketahui akan dijadikan apa prototipe Si Belo Kuda Troya yang sudah dipreservasi ini.

CW 9X01 atau Si Belo Kuda Troya merupakan kereta penumpang pertama yang diproduksi oleh INKA. Kereta ini selesai dibuat setahun setelah INKA berdiri yakni pada 1982. Prototipe ini diberi nama demikian karena seperti kisah Kuda Trojan yang berhasil digunakan pasukan Yunani untuk menembus pertahanan Kota Troy, hadirnya prototipe ini diharapkan dapat mendobrak kebekuan kinerja Balai Yasa Madiun yang dulu pernah menjadi bengkel lokomotif uap. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: