Berita KAInternasionalKereta Api

JR Central Daur Uang Komponen Logam Shinkansen

Shinkansen seri 700
Shinkansen seri 700 JR Central | Foto: Sui-Setz, Wikimedia Commons, Domain Publik

[21/4] Shinkansen seri 700 telah dipensiunkan Maret 2020 lalu oleh JR Central. Namun kegunaan mereka tidak berakhir sampai situ.

Dilansir dari NHK World, Central Japan Railway Company (JR Central) telah mengembangkan teknologi untuk mendaur ulang bagian aluminium Shinkansen tersebut. Proses daur ulang ini melibatkan pemotongan logam aluminium menjadi bagian-bagian kecil.

Logam yang telah dipotong ini kemudian dihilangkan dari lapisan cat, dan mur-mur yang ada dilepas. Logam ini pun kemudian diproses pada suhu sangat tinggi. JR Central sendiri pun menyebutkan mereka telah mempatenkan teknologi ini. Mereka mengklaim teknologi ini dapat mempertahankan kualitas dan kekuatan aluminium tersebut.

Aluminium daur ulang ini dapat digunakan di gedung stasiun dan toko-toko. Namun tidak menutup kemungkinan aluminium daur ulang ini dapat dimanfaatkan untuk produksi Shinkansen baru.

Menurut keterangan JR Central, ada 4 ton aluminium yang dapat dipergunakan kembali dari setiap kereta. Daur ulang ini dapat mengurangi emisi karbon dioksida hingga 97% dibanding memproduksi logam aluminium baru. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×