Berita KAInternasional

KA Penumpang Terguling di Dalam Terowongan di Taiwan

Rangkaian KA terguling di Taiwan
Rangkaian KA penumpang yang terguling di dalam terowongan di Taiwan | Foto: Reuters

[2/4] Sebanyak 41 orang tewas dan 70 orang terjebak dalam tergulingnya KA penumpang di Hualien, wilayah timur Taiwan pada Jumat (2/4). Seperti dilansir dari Reuters, KA yang terguling memiliki relasi Taipei-Taitung.

Pada saat kejadian, kereta mengangkut banyak penumpang yang hendak mengisi libur panjang Festival Qingming. Diperkirakan ada sekitar 350 orang penumpang yang diangkut pada saat kejadian di mana banyak dari penumpang yang berdiri. Akibatnya saat kejadian banyak penumpang yang terlempar dari dalam kereta.

Dari gambar yang beredar di media sosial, terlihat kereta paling depan dari rangkaian kereta ringsek akibat terguling dan menghantam dinding terowongan. Posisi 5 dari 8 kereta yang berada di dalam terowongan menyulitkan proses evakuasi.

Penumpang selamat yang dievakuasi keluar dari rangkaian kereta yang terguling | Foto: Reuters

Regu pemadam kebakaran diturunkan untuk membantu proses evakuasi. Salah seorang penumpang menuturkan sebelum kejadian kereta sempat menyerempet sebuah truk yang berada di pinggir rel. Diketahui kemudian bahwa truk ini terjatuh setelah meluncur dari sebuah jalanan di dekat lokasi kejadian.

Posisi truk yang mepet dengan jalur rel diduga menjadi penyebab kereta menyerempet hingga akhirnya rangkaian KA anjlok dan terguling. Ini merupakan kecelakaan kereta terburuk dalam kurun waktu 40 tahun terakhir.

Pada 1981, sebanyak 30 orang tewas dalam tabrakan kereta api di utara Taiwan. Pada 2018, sebanyak 18 orang tewas dan 175 orang luka-luka dalam anjlokan KA penumpang di timur laut Taiwan.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “KA Penumpang Terguling di Dalam Terowongan di Taiwan

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×