Berita KAIndonesiaKereta Api

Kawasaki Heavy Industries Dirikan Kawasaki Railcar Manufacturing

MRT Singapura C151 Kawasaki
Armada MRT Singapura (SMRT) C151, contoh kereta buatan Kawasaki | Foto: mailer_diablo, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

[3/4] Sejalan dengan rencana pemisahan usaha kereta api Kawasaki, pada 31 Maret lalu Kawasaki mengumumkan pihaknya telah mendirikan anak usaha baru.

Dilansir dari siaran pers mereka, anak usaha baru ini diberi nama Kawasaki Railcar Manufacturing. Anak usaha ini telah dibentuk pada 10 Maret silam untuk mempersiapkan proses pemisahan usaha kereta api Kawasaki. Pembentukan anak usaha ini dilakukan untuk memenuhi hak dan kewajiban usaha kereta api dengan pemisahan berupa absorpsi.

Menurut Kawasaki, pemisahan ini dilakukan akibat perubahan situasi pasar baik domestik dan internasional akibat pandemi COVID-19. Kawasaki menilai pemisahan ini dapat mewujudkan sistem yang “dapat luwes mengambil keputusan” termasuk melalui aliansi dengan rekan industri.

Saat ini tahapan pemisahan ini telah memasuki pelaksanaan kesepakatan pemisahan perusahaan dan penentuan Dewan Direksi. Rencananya pemisahan perusahaan ini sendiri akan berlangsung pada 1 Oktober mendatang. Kawasaki Railcar Manufacturing akan menjadi perusahaan penerus, dan Kawasaki Heavy Industries akan menjadi perusahaan yang terpisah.

Kawasaki Railcar Manufacturing akan mengedarkan 192.800 lembar saham biasa. Seluruhnya akan dialokasikan ke Kawasaki Heavy Industries. Pada saat pemisahan, perusahaan ini sendiri akan sepenuhnya dimiliki oleh Kawasaki Heavy Industries. Perusahaan ini juga akan meneruskan hak dan kewajiban terkait industri kereta api yang selama ini dipegang Kawasaki Heavy Industries. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×