Berita KAInternasionalKereta Api

Menteri Perhubungan Taiwan Mundur Setelah Kecelakaan Fatal KA

Kecelakaan KA Taiwan
Kecelakaan KA di Taiwan pada 2 April lalu yang menewaskan 49 orang | Foto: Tempo via Ann Wang, Reuters

[18/4] Menteri Perhubungan Taiwan Lin Chia-Lung mundur setelah kecelakaan KA pada 2 April lalu. Dalam kecelakaan KA di Hualien, wilayah timur Taiwan ini diketahui 41 orang tewas pada saat kejadian. Namun diketahui belakangan jumlah korban jiwa adalah sebesar 49 orang. Seorang warga negara Perancis dan dua warga negara Amerika termasuk di antara korban tewas.

Dilansir dari Tempo, Perdana Menteri Taiwan Su Tseng-chan pun menyetujui pengunduran diri ini pada Kamis (15/4) lalu. Menurut juru bicara kabinet Lo Ping-cheng Perdana Menteri sudah menyetujui pengunduran diri ini yang akan efektif 20 April mendatang.

Sebelumnya Lin telah mengajukan untuk mundur pada 3 April lalu. Namun Perdana Menteri Lo tidak menyetujui permintaan tersebut. Kala itu ia meminta Lin untuk fokus evakuasi korban dan penyelidikan. Diketahui kecelakaan fatal pada 2 April ini disebabkan truk pemeliharaan KA yang meluncur ke rel menjelang lewatnya KA yang nahas tersebut.

Sebuah upacara peringatan bagi mereka yang tewas telah dilakukan di Taipei pada Kamis lalu, dengan Lin ikut menghadiri. Pengemudi truk pemeliharaan KA ini sendiri telah ditahan. Sedang jaksa Taiwan sedang bekerja untuk menentukan apakah ia gagal mengamankan rem tangan atau ada kerusakan pada truk. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×