Lokomotif BB20007 “Vintage Livery” Kembali Diremajakan PT KAI

BB20007 hasil pengecatan ulang
Penampakan BB20007 hasil pengecatan ulang | Foto: Tim OPKA

[1/4] Setelah PT KAI mengecat ulang CC2018331 (CC20169) edisi vintage livery PJKA warna krem-hijau oleh Balai Yasa Yogyakarta, Balai Yasa Lahat melakukan perawatan dan pengecatan lokomotif legendaris dengan seri BB20007 yang oleh pencinta kereta api wlayah Sumatera Selatan dikenal sebagai James Bond kembali ke vintage livery PJKA dengan pola mirip seperti CC20169. Setelah selesai proses pengecatan ulang sekaligus perawatan, pihak PT. KAI meresmikan BB20007 pada tanggal 1 April 2021.

Pada acara ini PT KAI mengundang komunitas Indonesian Railways Preservation Society (IRPS) dan Organisasi Pencinta Kereta Api (OPKA) Sumatera Selatan. Sebelumnya, lokomotif BB20007 sudah memakai livery PJKA namun dengan warna krem – hijau yang lebih pucat.

BB20007 livery vintage
BB20007 vintage livery sebelum dicat ulang  saat sedang langsir| Foto: M Iqbal Setiawan
BB20007 vintage livery sisi lain
Sisi lain lokomotif BB20007 saat belum dicat ulang | Foto: Aditya Richard Hermawan

Acara peresmian ini adalah bentuk kepedulian PT KAI terhadap sejarah perusahaan sekaligus bentuk apresiasi perusahaan bagi pencinta kereta api khususnya dan masyarakat pada umumnya. Acara ini dihadiri oleh para Manajer dan Asisten Manajer Balai Yasa Lahat dan perwakilan komunitas IRPS dan OPKA. Acara dimulai dari sambutan dari masing-masing komunitas dan ucapanapresiasi dari pihak Manajemen Balai Yasa Lahat atas kunjungan dari komunitas sebagai bentuk kolaborasi antara perusahaan dan komunitas pencinta kereta api.

Penghargaan preservasi BB20007
Pemberian Piagam Penghargaan Atas Preservasi BB20007 dari komunitas IPRS dan OPKA Sumsel kepada jajaran PT KAI | Foto: Tim OPKA

Setelah acara sambutan, acara berlanjut dengan pemotongan tumpeng dan pemecahan kendi di lokomotif BB20007. Setelah itu dari komunitas memberikan piagam penghargaan kepada PT KAI atas preservasi lokomotif BB20007 yang sudah melanglang buana sejak 1957 atau sudah berumur 64 tahun. BB20007 tersebut difungsikan untuk armada pelangsir di wilayah kerja Balai Yasa Lahat. (Ahmad Afif Mahdi/OPKA Sumsel)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: