Sydney Hapuskan Kewajiban Jaga Jarak dari KA Komuter Mulai 19 April

Marka jaga jarak KA Sydney
Ilustrasi marka jaga jarak KA di Sydney | Foto: Sydney News Today

[20/4] Kapasitas KA komuter di Sydney mulai meningkat sejak Senin (19/4) ini. Pasalnya pemerintah setempat telah menghapuskan kewajiban mengikuti marka jaga jarak dari KA komuter.

Dilansir dari Weekly Times Now, pemerintah New South Wales mengumumkan layanan perkotaan akan beroperasi pada 75% kapasitas. Sedangkan KA lokal diizinkan beroperasi pada 100% kapasitas. Paul Tour, mewakili Menteri Perhubungan Andrew Constance mengatakan kebijakan ini telah mendapat persetujuan dari sisi kesehatan.

Dari segi peningkatan kapasitas, KA Waratah akan meningkat kapasitasnya dari 86 menjadi 122 orang per kereta. Sedang kapasitas LRT meningkat dari 54 menjadi 156 orang per kereta.

Sebelumnya KA-KA di Sydney dilengkapi dengan marka jaga jarak untuk mengingatkan pengguna agar tidak saling berdekatan. Marka ini memiliki bentuk berupa titik hijau yang menandakan kursi tersebut boleh diduduki, atau boleh berdiri di ruang tersebut.

Pemasangan marka ini dinilai sudah tidak lagi relevan pada situasi COVID-19 setempat. Salah seorang warga Sydney, Sydney Cider mengakui sudah tidak menghiraukan marka tersebut selama beberapa bulan. Begitu pula seorang warga Sydney lain, Nick Coomer mengakui sulit untuk mengikuti marka tersebut saat KA sedang penuh.

New South Wales sendiri sudah lama tidak mengalami penyebaran COVID-19 lokal sejak tahun lalu. Menurut data NSW Health, kasus aktif di negara bagian ini tinggal 70 orang, yaitu 3 kasus lokal dan 67 kasus impor. Meskipun demikian, marka jaga jarak ini dipertahankan jika sewaktu-waktu kembali dibutuhkan. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: