KAI Divre 2 Sumbar Mulai Uji Coba Kereta Penumpang Sepeda

Sepeda KA Sibinuang
Tempat menaruh sepeda yang ditempatkan di atas kereta penumpang yang digunakan KA Sibinuang | Foto: Pemkot Pariaman

[14/6] Pemerintah Kota Pariaman bersama dengan KAI Divre 2 Sumbar melakukan uji coba operasional kereta penumpang sepeda pada rangkaian KA Sibinuang relasi Padang-Padang Pariaman. Seperti dilansir dari situs web Pemkot Pariaman, kereta penumpang sepeda ini merupakan hasil dari diskusi antara Walikota Pariaman Genius Umar dengan Kepala Divre II Sumbar Kuncoro.

Lain halnya dengan di Jawa di mana sepeda ditempatkan di kereta pembangkit, di rangkaian Sibinuang sepeda ditempatkan di dalam kereta makan pembangkit. Separuh kursi kereta dicabut dan digantikan sebanyak 16 tempat menaruh sepeda.

Untuk sementara kereta penumpang sepeda baru ada pada kereta KMP3 0 08 07. Belum diketahui apakah nantinya kereta penumpang sepeda ini akan diperbanyak di Divre 2 Sumbar.

Genius mengatakan diterapkannya kereta penumpang sepeda ini dilakukan hanya seminggu setelah diskusi yang ia lakukan. Dirinya mengapresiasi dan berterimakasih kepada Divre II Sumbar yang cepat dalam menanggapi aspirasi yang disampaikannya.

Ia berharap dengan hadirnya kereta penumpang sepeda ini dapat menarik perhatian wisatawan terutama pesepeda yang akan berkunjung ke Pariaman. Selain kereta penumpang sepeda, Genius mengatakan pihaknya akan memperbaiki fasilitas jalur sepeda di tempat wisata serta menambah jalur sepeda yang terintegrasi dengan Stasiun Padang Pariaman. (RED/BTS)

Iklan dari Mitra

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×