Karoseri Adi Putro Perkenalkan Bus Jetbus Transit

Jetbus Transit
Jetbus Transit oleh Karoseri Adi Putro | Foto: Karoseri Adi Putro

[30/6] Karoseri Adi Putro secara resmi memperkenalkan purwarupa desain bus low deck mereka dengan platform monokok pada Sabtu (26/6) lalu.

Dilansir dari akun Facebook Adi Putro, desain bus ini mereka beri nama Jetbus Transit. Karoseri ini mengklaim Jetbus Transit sebagai bus medium monokok low deck pertama.

Pihak Adi Putro menyebutkan sejumlah keunggulan dari desain bus low deck ini. Di antaranya adalah desain yang modern dan elegan, konsumsi bahan bakar yang diklaim lebih efisien dengan berat yang lebih ringan, lebih stabil dengan coil spring, dilengkapi pengecek suhu otomatis dan pembersih tangan, serta dianggap cocok untuk kebutuhan bus kota.

Interior belakang Jetbus Transit
Interior bagian belakang Jetbus Transit | Foto: Karoseri Adi Putro

Dari foto yang beredar tampak di bagian sekat belakang pengemudi terdapat penampil rute berukuran besar dengan sampel rute TransJakarta. Selain itu terdapat rak sepeda di bagian depan dekat pintu masuk. Sementara untuk segmen low deck berada di bagian tengah bus.

Interior depan Jetbus Transit
Interior bagian depan Jetbus Transit | Foto: Karoseri Adi Putro

Dilansir dari situs Ayo Naik Bis, bus monokok satu ini sebelumnya telah dipamerkan ke publik pada pertengahan Juni lalu. Menariknya bus ini menggunakan basis Hino FB 130, dengan posisi mesin diletakkan di belakang. Panjang sasisnya pun 10 meter, mirip dengan Mercedes-Benz OF 917 dan Hino FC 190. Sedangkan tampilan luar bus ini terinspirasi dari desain bus Arrival dari Inggris. (RED/IHF)

Desain bus arrival
Desain bus Arrival yang di kalangan penggemar bus disebut menjadi inspirasi Jetbus Transit | Foto: Sustainable Bus.com

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: