Bagian Jalan Raya Jembatan Cirahong akan Ditutup untuk Perbaikan

Jembatan Cirahong
KA Inspeksi 4 (KAIS 4) melewati Jembatan Cirahong. Tampak dek bawah yang digunakan kendaraan jalan raya. | Foto: Andrian Rochmansyah Pratama, Pikiran Rakyat Tasikmalaya

[30/6] Jembatan Cirahong yang berada di jalur KA Bandung-Tasikmalaya-Kroya selama ini terkenal baik di kalangan penggemar KA dan masyarakat umum. Selain menjadi spot fotografi KA yang dikenal indah, dek bawah jembatan ini juga menjadi jalur alternatif andalan masyarakat Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis dengan kendaraan umum.

Namun jalur alternatif ini akan ditutup sementara selama sebulan. Dilansir dari Radar Tasik, bagian dek bawah atau jalan raya jembatan Cirahong akan ditutup selama sebulan, dari Jumat (1/7) hingga 31 Juli mendatang.

Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Kuswardoyo, penutupan ini terkait dengan rencana perawatan dan perbaikan Jembatan Cirahong pada bulan Juli. Menurutnya bagian jalan raya Jembatan Cirahong harus ditutup untuk sterilisasi selama proses perawatan. Ia memberi contoh proses perawatan yang akan dilakukan seperti pengencangan paku pada jembatan.

Kuswardoyo menambahkan idealnya dek bawah jembatan Cirahong ini tidak lagi dilewati kendaraan. Menurutnya usia jembatan ini sudah tua dan beban dari dek bawah juga dapat menjadi beban pada jalur KA di dek atas. Ia mengimbau agar pengguna kendaraan yang menjadikan Jembatan Cirahong sebagai jalur alternatif mencari jalur lain. Setelah proses perbaikan, akan dilakukan evaluasi apakah bagian jalan raya Jembatan Cirahong ini dapat kembali dibuka atau tidak.

Video viral dek bawah Jembatan Cirahong yang lapuk | Video: Pikiran Rakyat

Sebelumnya pada pekan lalu, viral video yang menunjukkan kondisi bantalan dek bawah Jembatan Cirahong yang telah lapuk. Pihak kepolisian dan Track and Bridge KAI telah meninjau dek bawah jembatan tersebut. Berdasarkan video Youtube Ciamis TV, perbaikan bantalan kayu dek bawah ini adalah tanggung jawab Pemkab Ciamis dan Tasikmalaya. Sementara KAI bertanggungjawab pada perbaikan baja jembatan. (RED/IHF)

Video Jembatan Cirahong saat ditinjau pihak kepolisian dan KAI | Video: Ciamis TV

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Bagian Jalan Raya Jembatan Cirahong akan Ditutup untuk Perbaikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×