Kereta Cepat KCIC400AF Tiba di Indonesia September, Uji Coba November

kcic400af tiba indonesia
Rangkaian kereta cepat KCIC400AF | Foto: Dok. KCIC

REDigest.web.id, 22/6 – Rangkaian EMU (KRL) KCIC400AF akan tiba di Indonesia pada September 2022 mendatang. Ke-11 rangkaian KRL serta satu rangkaian kereta inspeksi (CIT) telah selesai produksi sejak bulan April 2022 lalu.

Rangkaian KRL berkecepatan tinggi ini merupakan buatan pabrik CRRC Qingdao Sifang, Shandong, Tiongkok. Nantinya, rangkaian KCIC400AF akan menjalani uji coba pada November 2022 mendatang, dua bulan setelah tiba di Indonesia. Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Tiongkok Xi Jinping akan ikut dalam uji coba tersebut.

Rencananya, uji coba hanya sebatas gerakan maju mundur dari casting yard 4 ke arah Depo Tegalluar. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur KCIC Dwiyana Slamet Riyadi pada Selasa (21/6). Dwiyana menyampaikan hal tersebut saat KCIC berhasil menembus terowongan 2 atau terowongan terakhir proyek kereta cepat.

Dengan tembusnya terowongan 2, maka seluruh 13 terowongan di jalur kereta cepat Jakarta-Bandung telah berhasil tembus. Terowongan 2 sendiri merupakan terowongan yang berlokasi di Jatiluhur, Purwakarta, dan tembus pada 17 Juni 2022.

Sebelumnya, KCIC telah berhasil menembus terowongan 4 di Sukatani, Purwakarta pada April 2022 lalu. Di bulan yang sama, KCIC juga berhasil menembus terowongan 6 di Cikalongwetan, Bandung Barat pada bulan yang sama. Terowongan 6 merupakan terowongan terpanjang di jalur kereta cepat Jakarta-Bandung. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: