Berita KAIndonesiaKereta ApiKereta Cepat

Kereta Cepat KCIC400AF Tiba di Indonesia September, Uji Coba November

kcic400af tiba indonesia
Rangkaian kereta cepat KCIC400AF | Foto: Dok. KCIC

REDigest.web.id, 22/6 – Rangkaian EMU (KRL) KCIC400AF akan tiba di Indonesia pada September 2022 mendatang. Ke-11 rangkaian KRL serta satu rangkaian kereta inspeksi (CIT) telah selesai produksi sejak bulan April 2022 lalu.

Rangkaian KRL berkecepatan tinggi ini merupakan buatan pabrik CRRC Qingdao Sifang, Shandong, Tiongkok. Nantinya, rangkaian KCIC400AF akan menjalani uji coba pada November 2022 mendatang, dua bulan setelah tiba di Indonesia. Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Tiongkok Xi Jinping akan ikut dalam uji coba tersebut.

Rencananya, uji coba hanya sebatas gerakan maju mundur dari casting yard 4 ke arah Depo Tegalluar. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur KCIC Dwiyana Slamet Riyadi pada Selasa (21/6). Dwiyana menyampaikan hal tersebut saat KCIC berhasil menembus terowongan 2 atau terowongan terakhir proyek kereta cepat.

Dengan tembusnya terowongan 2, maka seluruh 13 terowongan di jalur kereta cepat Jakarta-Bandung telah berhasil tembus. Terowongan 2 sendiri merupakan terowongan yang berlokasi di Jatiluhur, Purwakarta, dan tembus pada 17 Juni 2022.

Sebelumnya, KCIC telah berhasil menembus terowongan 4 di Sukatani, Purwakarta pada April 2022 lalu. Di bulan yang sama, KCIC juga berhasil menembus terowongan 6 di Cikalongwetan, Bandung Barat pada bulan yang sama. Terowongan 6 merupakan terowongan terpanjang di jalur kereta cepat Jakarta-Bandung. (RED/MPF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “Kereta Cepat KCIC400AF Tiba di Indonesia September, Uji Coba November

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×