KTM Berhad Bongkar Turntable Lokomotif Manual di Depo Tumpat

Turntable Tumpat
Turntable di Tumpat yang sedang dibongkar | Foto: KTM Berhad

[24/6] turntable lokomotif manual terakhir di Malaysia di Depo Tumpat akhirnya dibongkar juga. Pembongkaran ini dilakukan pada Rabu (23/6) pukul 11.30-13.00 siang waktu setempat.

Dilansir dari rilis pers KTM Berhadturntable ini sendiri telah beroperasi sejak 108 tahun lalu. En. Azman Hasan, Pegawai Operasi Tumpat mengatakan turntable ini dibongkar untuk memberi akses pengerjaan peningkatan jalur baru ke tempat pencucian kereta.

Turntable ini kemudian akan dipindah ke lokasi baru setelah pembicaraan lanjut untuk kemudian dipreservasi sebagai bagian sejarah.

Turntable Tumpat
Turntable Depo Tumpat setelah dibongkar | Foto: KTM Berhad

Turntable ini sendiri telah digunakan sejak 1913 silam di Depo Tumpat di era Federated Malay States Railway (FMSR). Kala itu turntable ini dibangun di Inggris dan dibawa masuk ke Malaysia oleh Patent Shaft & Axletree Engineers Co. Ld. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×