Berita KADebutIndonesia

KA Baturraden Ekspres Resmi Beroperasi

Pemotongan pita diresmikannya perjalanan KA Baturraden Ekspres di Stasiun Purwokerto pada pagi tadi | Foto: Dokumentasi KAI

[26/6] Setelah sekian lama menjadi desas-desus di kalangan pecinta kereta api, akhirnya KA Baturraden Ekspres resmi beroperasi mengangkut penumpang. Peresmian dilakukan di Stasiun Purwokerto pada Jumat (25/6) dini hari tadi.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Bupati Banyumas Achmad Husein, Komisaris KAI Cris Kuntadi, dan Dirut KAI Didiek Hartantyo. KA Baturraden Ekspres menjadi KA kedua yang menghubungkan Kota Bandung dengan Purwokerto setelah KA Serayu.

Hanya bedanya KA Baturraden Ekspres melewati rute Pantura yakni Purwokerto-Cirebon-Cikampek-Bandung dan memiliki kelas eksekutif-bisnis. Untuk tarifnya sendiri mulai dari Rp 160.000 untuk kelas eksekutif dan Rp 130.000 untuk kelas bisnis.

Infografis KA Baturraden Ekspres
Infografis KA Baturraden Ekspres | Foto: Instagram KAI

Terdapat juga tarif khusus untuk perjalanan tertentu yakni Purwokerto-Cirebon PP (Eksekutif: Rp65.000 dan Bisnis: Rp45.000), Cirebon-Cikampek PP (Eksekutif: Rp50.000 dan Bisnis: Rp40.000), Bandung-Purwakarta PP (Eksekutif: Rp55.000 dan Bisnis: Rp45.000), serta Bandung-Cikampek PP (Eksekutif: Rp65.000 dan Bisnis: Rp55.000).

Dirut KAI Didiek Hartantyo berharap hadirnya KA Baturraden Ekspres ini dapat menjadi alternatif bagi masyarakat Banyumas yang hendak bepergian ke daerah di Jawa Barat seperti Cirebon, Indramayu, Subang, Cikampek, Purwakarta, dan Bandung. Selain itu diharapkan juga hadirnya KA Baturraden Ekspres dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Banyumas.

Untuk sementara selama masa tanggap darurat COVID-19, kapasitas KA dibatasi hanya 70 persen dan penumpang yang hendak naik diwajibkan untuk melakukan tes GeNose ataupun tes rapid antigen sebelum berangkat serta menggunakan masker selama perjalanan berlangsung.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×