Berita KAInternasional

Tokyo Metro Perlihatkan Rangkaian Pertama Seri 18000

Dua maskot Tokyo Metro yang hadir dalam peluncuran rangkaian pertama seri 16000 | Foto: Tetsudo Shimbun

[2/6] Tokyo Metro memperlihatkan rangkaian pertama seri 18000 yang akan beroperasi di Jalur Tokyo Metro Hanzomon kepada publik di Depo Saginuma pada Rabu (2/6). Dilansir dari Trafficnews, rangkaian seri 18000 rencananya akan mulai beroperasi pada Agustus mendatang menggantikan seri 8000 yang akan memasuki masa pensiun.

Sama seperti dalam desainnya, seri 18000 ini bisa dibilang merupakan kembaran dari seri 17000 yang beroperasi di Jalur Yurakucho. Nyaris tak ada perbedaan yang signifikan baik dari eksterior maupun interior di antara kedua kereta ini. Yang membedakan hanyalah seri 18000 didominasi warna ungu yang merupakan ciri khas Jalur Hanzomon.

Dari livery hingga interior tampak didominasi warna ungu. Di bagian interior bahkan sejumlah bagian diwarnai ungu seperti lantai, bangku, hingga pegangan tangan kecuali di dekat bangku prioritas.

Tampilan interior Tokyo Metro 18000 | Foto: Tetsudo Shimbun

Sebelumnya desain KRL Tokyo Metro seri 18000 telah diperkenalkan oleh Tokyo Metro pada Oktober 2020 lalu. KRL ini memiliki sejumlah keunggulan dari pendahulunya seri 8000. Seperti ruang kursi roda yang tersedia di tiap kereta serta tinggi kereta yang lebih ceper 60 mm sehingga mempermudah pengguna kursi roda untuk naik ke atas kereta.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

One thought on “Tokyo Metro Perlihatkan Rangkaian Pertama Seri 18000

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×