Tiongkok Sukses Ujicobakan Maglev Kecepatan Tingginya

Purwarupa maglev kecepatan tinggi yang dikembangkan CRRC saat menjalani uji coba di jalur uji di Universitas Tongji, Shanghai |  Foto: CGTN

[23/6] Pengembangan kereta maglev yang dilakukan oleh Tiongkok memasuki babak baru. Purwarupa maglev kecepatan tinggi sukses menjalani uji dinamis yang dilakukan di jalur uji di kawasan kampus Universitas Tongji, Shanghai pada Minggu (20/6) kemarin.

Seperti dikutip dari CGTN, dalam uji dinamis ini purwarupa maglev membawa kru dan sejumlah peralatan untuk memantau kinerja maglev seperti kestabilan suspensi dalam mengarahkan kereta dan peredaman suara. Uji dinamis kali ini dilakukan dalam kecepatan rendah.

Dari hasil uji dinamis ini terlihat adanya peningkatan pada perubahan dari kondisi statis ke kondisi dinamis di mana terjadi peningkatan performa pada komponen inti maglev. Keberhasilan ini memberikan data untuk persiapan uji dinamis dalam kecepatan menengah dan tinggi mendatang. Uji dinamis ini adalah yang pertama kali setelah peluncuran prototipe ini pada 2016 lalu.

Pengembangan maglev kecepatan tinggi ini merupakan proyek inti dari program “Advanced Rapid Transit” yang dimulai oleh Kementerian Sains dan Teknologi Tiongkok. Proyek ini dilakukan oleh pabrikan CRRC Qingdao Sifang Co., Ltd. dengan menggandeng para insinyur dan ahli dari sejumlah universitas ternama dan institut teknologi di Tiongkok. Maglev kecepatan tinggi ini dirancang dapat melaju hingga kecepatan 600 km/jam.

Sebelumnya pada Mei tahun lalu, mock up dari maglev kecepatan tinggi buatan Tiongkok dipamerkan di Kota Qingdao, Provinsi Shandong. Jika tidak ada hambatan, rencananya maglev kecepatan tinggi ini akan mulai diproduksi pada akhir tahun 2020.(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: