Berita KAInternasionalKereta Api

Armada KRL EMU3000 untuk Taiwan Tiba dari Jepang

Kereta baru Taiwan
Armada KRL EMU3000 buatan Hitachi untuk Taiwan | Foto: CNA via Taiwan News

REDigest.web.id, 5/8 – Rangkaian kereta ekspres EMU3000 untuk Taiwan Railways Administration (TRA) telah tiba di Hualien, Taiwan pada 30 Juli lalu.

Dilansir dari Taiwan News, rencananya armada EMU3000 buatan Hitachi ini akan mulai melayani pantai timur Taiwan mulai akhir tahun ini. Penduduk Hualien dan Taitung mengeluhkan opsi transportasi yang terbatas antara daerah tersebut dan Taipei. Hal ini tampak dari padatnya jalan raya saat hari besar seperti Tahun Baru Imlek.

Jika uji coba berlangsung lancar, diperkirakan armada baru ini dapat meningkatkan kapasitas lintas pantai timur Taiwan hingga 40%. TRA sendiri telah memesan 600 kereta dari Hitachi Rail, dengan target ketibaan seluruh armada pada 2024 mendatang.

Sebelumnya armada ini telah direncanakan untuk tiba pada Juni lalu. Namun pandemi COVID-19 dan taifun In-Fa menyebabkan keterlambatan pengiriman. Selama acara, para railfans terpaksa tidak diizinkan untuk menghadiri penyambutan armada baru yang dihadiri oleh Menteri Perhubungan Wang Kwo-tsai dan perwakilan Jepang di Taiwan Hoshino Mitsuaki ini.

Hoshino berharap pengadaan kereta dapat mempererat persahabatan antara Taiwan dengan Jepang. Sedangkan Wang menekankan keberhasilan elektrifikasi jaringan KA di seputar Taiwan dan pengadaan KA baru. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×