Wabtec Selesaikan Peremajaan Lokomotif Ke-1.000 Mereka

Lokomotif Wabtec
Lokomotif Dash 9 #4463 Norfolk Southern (NS) yang diremajakan Wabtec menjadi AC44C6M | Foto: Wabtec

REDigest.web.id, 13/8 – Wabtec, salah satu pabrikan lokomotif terkemuka di Amerika Serikat baru saja menyelesaikan peremajaan atau overhaul lokomotif ke-1.000 mereka pada 6 Agustus lalu. Lokomotif yang diremajakan ini merupakan lokomotif AC44C6M milik Norfolk Southern (NS) dengan nomor 4463 yang merupakan hasil peremajaan dari GE Dash 9 buatan 1998.

Dilansir dari Railway Age, peremajaan ini mencakup penggantian sistem traksi DC menjadi AC, peremajaan terhadap mesin 7FDL lokomotif ini menjadi standar Tier 1 US EPA, peningkatan terhadap sistem kendali mesin, dan pemasangan  Trip Optimizer SmartHPT and LOCOTROL® eXpanded Architecture (XA) Distributed Power (DP).

Trip Optimizer SmartHPT ini menurut Wabtec dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan menyesuaikan kinerja lokomotif terhadap target daya kuda/ton (horse power/ton; HPT). Perangkat ini juga disertifikasi oleh US EPA dengan penghematan bahan bakar dan emisi sebanyak 5%. Sedangkan Locotrol XA diklaim memiliki kelebihan seperti komunikasi antar lokomotif yang lebih stabil, dan kesiapan untuk diadaptasikan dengan teknologi masa depan.

Kontrol lokomotif Wabtec

Dilansir dari situs Wabtec, pihaknya mengklaim keberhasilan peremajaan ini menunjukkan kesuksesan program modernisasi lokomotif mereka secara lingkungan dan komersial. Dari 1.000 lokomotif yang dimodernisasi Wabtec, 500 di antaranya adalah milik NS. Menurut Wabtec, peremajaan setiap unit lokomotif dapat mengurangi 500 ton emisi karbon per tahunnya.

Wabtec juga mengklaim peremajaan lokomotif ini meningkatkan efisiensi BBM sebanyak 25%, meningkatkan keandalan lebih dari 40%, meningkatkan kapasitas angkut hingga 55%, dan mengurangi biaya perawatan, perbaikan, dan peremajaan hingga 20%.

Dilansir dari Railway Gazette, selain NS, pelanggan peremajaan lokomotif ini juga mencakup perusahaan lain di Amerika Utara dan Selatan. Di antaranya adalah Canadian Pacific (CP), BNSF, Union Pacific (UP), dan Rumo dari Brazil. Lokomotif yang diremajakan meliputi Dash 8, Dash 9, dan AC4400. Secara total, peremajaan dari seluruh pelanggan ini menggunakan kembali 100.000 ton baja. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×