Jalur Layang Manggarai Beroperasi Mulai 25 September

KRL BUD10 saat melakukan uji coba jalur layang Stasiun Manggarai pada 3 September lalu | Foto: Budi Surono

REDigest.web.id, 24/9 – Setelah menjalani masa konstruksi hampir 5 tahun lamanya, jalur layang Stasiun Manggarai rencananya akan segera beroperasi. Jalur 10, 11, 12, dan 13 Stasiun Manggarai akan mulai beroperasi pada Sabtu (25/9) mendatang.

Hal tersebut disampaikan Direktorat Jenderal Perkeretaapian melalui rilis di Instagram pada Jumat (24/9) siang. Nantinya layanan Commuter Line Lin Sentral (Bogor-Jakarta Kota) akan dimasukkan ke jalur layang ini. Perjalanan Commuter Line dari Bogor menuju Jakarta Kota akan mulai mendaki masuk Stasiun Manggarai setelah perlintasan Bukit Duri. Kereta akan langsung menuju Cikini melalui jalur layang yang menghubungkan Manggarai dan Cikini.

Sedangkan dari arah Jakarta Kota, kereta akan berbelok selepas Cikini untuk langsung menuju Manggarai. Untuk penumpang Bogor yang hendak menuju Bekasi nantinya turun ke lantai dasar lalu menyeberang ke jalur 4 atau 2. Sementara untuk penumpang Bogor yang hendak naik KA Bandara Soekarno Hatta dapat turun menuju concourse di lantai 2 untuk membeli tiket lalu turun ke peron jalur 9 dan 10 untuk naik ke kereta.

Di peron layang Manggarai tersedia tangga, eskalator, dan lift untuk penumpang yang hendak naik ke atas ataupun untuk transit ke lantai bawah.

Beroperasinya jalur 10, 11, 12, dan 13 layang Stasiun Manggarai ini merupakan bagian dari proyek pembangunan Stasiun Manggarai untuk meningkatkan kapasitas angkut. Sebelumnya pada 20 Agustus lalu telah dilakukan uji coba operasional jalur layang Stasiun Manggarai untuk layanan Commuter Line Bogor.

Setelah jalur layang Lintas Tengah beroperasi, proyek dilanjutkan dengan pembangunan jalur layang Stasiun Manggarai untuk layanan KA jarak jauh. Setelah jadi, nantinya Stasiun Manggarai akan menjadi hub antara Commuter Line Bogor dan Bekasi, KA jarak jauh, dan KRL Bandara Soekarno-Hatta.

Finishing Manggarai
Pekerjaan finishing di Stasiun Manggarai | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

KAI Commuter pun telah membenarkan informasi perpindahan pelayanan ini. Sedangkan pantauan dari salah satu Tim REDaksi, masih terdapat pekerjaan finishing pada Jumat sore. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Jalur Layang Manggarai Beroperasi Mulai 25 September

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×