Selain Switchover, Begini Lho Pekerjaan Konstruksi di Stasiun Manggarai dan Jatinegara
[29/08] – Kita semua tentu telah mengetahui rencana swtichover beserta perubahan flow penumpang yang dilakukan untuk menunjang proses konstruksi pada Stasiun Manggarai yang telah dilaksanakan pada 11 Agustus lalu. Switchover ini melibatkan pemindahan operasional KRL Commuter Line pada jalur 6 dan 7 di Manggarai yang untuk sementara dinonaktifkan ke jalur 8, 9, dan 10 yang baru diaktifkan beserta dengan perubahan alur penumpang.
Stasiun Manggarai
Aktivitas konstruksi pada Stasiun Manggarai. Tampak petugas sedang membongkar bancik pada jalur 7 yang telah dinonaktifkan |
Stasiun Manggarai sebagai stasiun yang akan dijadikan stasiun sentral KAJJ, KRL Bandara, dan KRL Commuter Line seiring dengan jadinya proyek DDT tentu saja akan mengalami banyak sekali perubahan untuk mengakomodasi hal tersebut. Proses swtichover pada Stasiun Manggarai terdiri dari lima tahap dengan dua tahap telah terlaksana per Agustus 2018.
Layout baru Stasiun Manggarai setelah switchover |
Tahap pertama adalah pengaktifan jalur 8 dan 9 di Stasiun Manggarai untuk mengakomodasi gerakan langsir KRL Bandara yang telah dilaksanakan pada November 2017 lalu, di mana pada saat pembukaan operasi KRL Bandara tujuan Manggarai (hingga saat artikel ini turun – REDaksi) KRL Bandara hanya bisa melayani hingga Stasiun BNI City untuk kemudian langsir di Stasiun Manggarai.
Stasiun Jatinegara
Sebuah lokomotif di jalur 3 baru Stasiun Jatinegara. Perubahan jalur ini terjadi sebagai dampak dari konstruksi pada Stasiun Jatinegara dalam rangka mendukung proyek DDT. |
Layout Stasiun Manggarai, rencana Stasiun Matraman, dan Stasiun Jatinegara untuk konstruksi DDT. |
Tahap kedua adalah pengoperasian DDT Jatinegara-Kranji, pemindahan dipo lokomotif dari Dipo Lokomotif Jatinegara ke Cipinang yang disusul dengan pembongkaran los luar Dipo Jatinegara, dan menonaktifkan sementara jalur 1 dan 2 Stasiun Jatinegara yang rencananya akan dilaksanakan pada Oktober 2018. Los luar Dipo Jatinegara sendiri akan dibongkar dikarenakan lahannya akan digunakan untuk jalur baru arah Pasar Senen, sementara bangunan utama Dipo Jatinegara akan dijadikan heritage.
Tahap ketiga adalah pengoperasian jalur baru ke arah Stasiun Pasar Senen yang rencananya akan dilaksanakan pada Juli 2019 atau mundur empat bulan dari target Maret 2019 dikarenakan keterlambatan kedatangan material dari Kyosan yang rencananya baru akan tiba Maret 2019.
Tahap keempat dan yang terakhir adalah pengoperasian kembali jalur 1 dan 2 Stasiun Jatinegara pada September 2019, sekaligus menandakan pengoperasian secara penuh Stasiun Jatinegara yang baru.
Demikianlah tahapan-tahapan konstruksi Stasiun Manggarai dan Jatinegara yang dapat Tim REDaksi sampaikan. Kita berharap segala proses ini dapat berjalan dengan tepat waktu, tanpa halangan yang berarti.
Sumber
Sosialisasi Switchover Stasiun Manggarai bersama PT KCI dan Ditjen Perkeretaapian, 10 Agustus 2018.
RED|Ikko Haidar Farozy
Pingback: Jalur Layang Manggarai Beroperasi Mulai 25 September
Pingback: KAI Bantah Stasiun Gambir Telah Pensiun Melayani Pengguna KA Jarak Jauh