24 September, Perjalanan Sejumlah KA Eksekutif Semakin Cepat

KA Taksaka
KA Taksaka, salah satu KA yang mendapat peningkatan kecepatan | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 24/9 – Setelah serangkaian uji coba peningkatan kecepatan di lintas, akhirnya proses ini membuahkan hasil juga. Pasalnya mulai Jumat (24/9) besok, KAI akan meningkatkan kecepatan sejumlah KA eksekutif.

Tidak tanggung-tanggung, terdapat 9 KA kelas eksekutif yang akan semakin cepat mulai besok. Di antaranya adalah KA Argo Bromo Anggrek Pagi dan Malam, KA Argo Lawu, KA Argo Dwipangga, KA Taksaka Pagi dan Malam, KA Argo Wilis, KA Argo Parahyangan, dan KA Gajayana.

KA-KA ini yang sebelumnya melaju paling cepat antara 105-110 km/jam kini dapat melaju hingga paling cepat 120 km/jam. Sebagai dampaknya, percepatan waktu tempuh KA ini menjadi cukup signifikan. KA 1 Argo Bromo Anggrek Pagi saja, kini hanya butuh 8 jam 10 menit dari Surabaya Pasar Turi  ke Gambir. Berkurang sebanyak 20 menit.

Sementara itu, KA 8 Argo Lawu misalnya, yang aslinya membutuhkan waktu 8 jam dari Jakarta Gambir ke Solo Balapan kini hanya butuh waktu 7 jam 4 menit saja. Ataupun KA 72 Gajayana, yang aslinya membutuhkan waktu 13 jam 13 menit dari Jakarta Gambir ke Malang menjadi hanya 12 jam 29 menit saja.

Berikut adalah daftar lengkap jadwal KA yang mengalami perubahan berdasarkan informasi dari kanal pemesanan KA:

KAJJ peningkatan kecepatan
Daftar KA-KA jarak jauh yang mendapat peningkatan kecepatan | Sumber data: PT KAI

Untuk KA Argo Parahyangan, dari kanal pemesanan tiket terdapat tiga perjalanan KA yang mengalami peningkatan kecepatan. Perjalanan KA ini berbeda rotasi dengan yang berlaku sebelum revisi jadwal. Berikut daftarnya:

Argo Parahyangan peningkatan kecepatan
Jadwal KA Argo Parahyangan setelah revisi | Sumber data: PT KAI

Selain itu, juga terdapat KA yang mengalami pergeseran jadwal akibat peningkatan kecepatan KA. Berikut adalah daftarnya:

GAPEKA 2021 revisi
Perubahan jadwal KA-KA lain yang terdampak peningkatan kecepatan KA eksekutif | Sumber data: PT KAI

Bagi para pengguna yang akan berangkat, untuk dapat mengecek kembali waktu keberangkatannya. Jadwal akurat pada saat penulisan artikel. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “24 September, Perjalanan Sejumlah KA Eksekutif Semakin Cepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×