KAI Adakan Uji Coba Peningkatan Kecepatan Bandung-Surabaya Gubeng

KLB Peningkatan Kecepatan
KLB Peningkatan Kecepatan melintas Kedundang | Foto: Carel Aksan

REDigest.web.id, 10/9 – Setelah sebelumnya KAI melakukan peningkatan kecepatan di lintas Cirebon-Solo Balapan, kali ini KAI kembali melakukan uji peningkatan kecepatan lagi. Untuk uji coba kali ini berlangsung di lintas Bandung-Surabaya Gubeng, rute yang biasa dilalui KA seperti Argo Wilis, Turangga, dan Mutiara Selatan.

Uji coba ini sendiri berlangsung pada Rabu (8/9) kemarin. Saat itu KAI menjalankan rangkaian KA Lodaya yang ditarik dengan salah satu lokomotif spesial kemerdekaan RI, yaitu CC2061381. Berdasarkan informasi dari media sosial, kecepatan maksimum KLB uji coba peningkatan kecepatan ini mencapai hingga 121 km/jam. Sementara untuk pola pemberhentian, KLB ini berhenti di stasiun-stasiun yang sama dengan stasiun perhentian Argo Wilis.

Rangkaian KA ini berjalan dari Stasiun Bandung pada pukul 07.15 dan tiba di Surabaya pukul 16.55, atau hanya 9 jam 40 menit saja. Pada perjalanan kembalinya di hari Kamis (9/9), rangkaian KA ini berangkat pukul 06.05 dari Surabaya Gubeng, dan tiba di Bandung pukul 15.20, atau hanya 9 jam 15 menit saja.

Sebagai perbandingan, saat ini KA 6 Argo Wilis dari Bandung ke Surabaya Gubeng menempuh waktu 10 jam 43 menit. Sedangkan KA 5 Argo Wilis dari Surabaya Gubeng ke Bandung menempuh waktu 10 jam 43 menit. Belum diketahui kapan hasil uji coba peningkatan kecepatan ini akan diterapkan. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×