Thailand akan Impor KRD KiHa 183 dari JR Hokkaido

KRD KiHa 183
Ilustrasi KRD KiHa 183 JR Hokkaido | Foto: RSA-RSA, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

REDigest.web.id, 9/9 – Kabar mengejutkan tiba dari dunia perkeretaapian Thailand. Pasalnya, State Railway of Thailand (SRT) akan mengimpor KRD KiHa 183 dari JR Hokkaido.

Berdasarkan informasi dari akun Twitter Toythetrain, mengutip dari laman lelang SRT, dalam dokumen lelang bernomor CH640040 yang diumumkan pada 6 September, pihaknya telah mengumumkan lelang untuk pengangkutan sebanya 17 unit KRD bekas dari JR Hokkaido. Disebutkan biaya impor ini sebesar 42.500.000 Baht atau sekitar 18,5 miliar Rupiah.

dokumen lelang SRT
Dokumen lelang impor 17 unit KRD bekas dari JR Hokkaido | Sumber: Laman lelang SRT, via toythetrain

Saat berita ini ditulis, laman lelang tersebut telah tidak bisa dibuka, dan pengguna diarahkan ke laman depan situs lelang SRT. Akan tetapi, media lokal serta para railfans baik dari Thailand ataupun luar Thailand telah menerima kabar tersebut.

Menurut salah satu rekan Tim REDaksi yang merupakan warga Thailand, pengadaan impor KRD KiHa 183 ini bersifat hibah, sehingga SRT hanya membayar ongkos kirimnya saja. Sedangkan menurut Udon Thani Update, biaya ini juga sudah termasuk biaya melepas bogie serta bea masuk barang impor.

Berdasarkan informasi dari media sosial, diketahui ke-17 KRD KiHa 183 ini adalah unit yang telah lama berdiam di Pelabuhan Muroran, tepatnya di Dermaga Sakimori. Berdasarkan pantauan dari blog Fortysonseason, Unit-unit KRD ini telah pensiun dari JR Hokkaido sejak 2017 lalu, namun kemudian nasibnya terkatung-katung dan terjemur tanpa atap selama 3 tahun lebih. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×