Kansas City Southern Kembali Buka Diskusi dengan Canadian Pacific

lokomotif canadian pacific
Ilustrasi lokomotif Canadian Pacific (CP) | Foto: Canadian Pacific

REDigest.web.id, 7/9 – Rencana merger Kansas City Southern (KCS) dengan Canadian National (CN) tampaknya tidak berjalan mulus. Pasalnya langkah merger yang diajukan oleh CN tidak disetujui oleh Surface Transportation Board (STB).

Dilansir dari Railway Gazette, pada 31 Agustus silam STB tidak menyetujui rencana CN menggunakan voting trust sebagai bagian proses merger. STB menilai proposal ini tidak sesuai dengan regulasi kepentingan umum. Dalam kesepakatan CN dan KCS, rencananya CN akan membeli KCS dalam campuran saham dan uang tunai.

Untuk mempercepat proses, rencananya KCS akan ditempatkan di bawah voting trust untuk mempercepat proses merger. Dalam rencana ini, KCS akan terus beroperasi di bawah manajemen sendiri untuk menjamin independensinya. Jika proses merger ditolak, maka KCS harus didivestasikan dari voting trust ini.

Pemegang saham KCS sendiri rencananya akan melakukan voting pada tanggal 3 September setelah rencana sebelumnya pada 19 Agustus, namun tertunda karena menunggu persetujuan STB. Rencana voting ini pun sekarang mundur ke tanggal 24 September mendatang.

Di lain pihak, KCS memutuskan untuk kembali membuka diskusi dengan Canadian Pacific (CP) yang sebelumnya telah tersingkir pada 21 Mei silam setelah CN berhasil memberikan tawaran kompetitif. Menurut dewan direksi KCS, tawaran CP berpotensi lebih superior dari tawaran CN yang sekarang berlangsung.

KCS saat ini berniat memberi “informasi nonpublik” kepada CP setelah mendapatkan saran hukum dan finansial, dengan mengikuti perjanjian merger dengan CN saat ini. Dewan direksi KCS sendiri mengatakan diskusi ini tidak menjamin transaksi dengan pihak CP.

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×