Berita KAInternasionalKereta Api

KiwiRail Berhasil Angkat Lokomotif yang Tercebur di Pelabuhan

Lokomotif KiwiRail tercebur
Proses pengangkatan lokomotif KiwiRail yang tercebur | Foto: KiwiRail via RNZ

REDigest.web.id, 6/9 – Sebuah insiden terjadi di perkeretaapian Selandia Baru. Pasalnya sebuah lokomotif langsir tercebur saat melangsir sebuah gerbong dan dua gerbong peti kemas di Picton Harbor. Lokomotif yang tercebur ini kemudian berhasil diangkat kembali pada Sabtu (4/9).

Dilansir dari RNZ, Todd Moyle, Chief Operating Officer KiwiRail mengatakan pengangkatan lokomotif yang tercebur ini dilakukan dengan menggunakan kantung udara untuk mengapungkan lokomotif ini. Setelah itu, lokomotif ini pun ditarik sejauh 400 meter untuk diangkat dengan dua buah crane berkapasitas 350 ton.

Todd juga mengatakan lokomotif ini memiliki kotak perekam data laiknya kotak hitam pesawat. Perekam data ini telah dikirimkan ke pembuat lokomotif untuk mengunduh data untuk keperluan investigasi.

Dilansir dari Otago Daily News, lokomotif langsir ini merupakan lokomotif yang dikendalikan jarak jauh. Insiden ini terjadi pada Rabu (1/9) lalu pukul 15.30 waktu setempat. Akibat insiden ini, layanan kapal feri antarpulau sempat dihentikan.

Saat insiden terjadi, gerbong tersebut sedang tidak dilangsir untuk dimuat ke dalam kapal. Namun ramp antara pelabuhan dan kapal feri mengalami kerusakan. Sebanyak 20 liter bahan bakar pun sempat tumpah dalam insiden ini, namun penyebarannya bisa dikendalikan. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×