MRT Jakarta Perkenalkan Platform Komunitas UbahJakarta

UbahJakarta
Tagar #UbahJakarta yang juga menjadi nama platform komunitas MRT Jakarta, UbahJakarta | Foto: MRT Jakarta

REDigest.web.id – Sebagai operator transportasi yang terus berkembang, MRT Jakarta tentunya ingin agar perkembangan mereka dapat menjangkau segenap komunitas. Oleh karenanya, MRT Jakarta pun memperkenalkan platform komunitas dengan tajuk UbahJakarta.

Selayang Pandang Platform UbahJakarta

Aplikasi UbahJakarta
Tampilan forum dan artikel komunitas di aplikasi UbahJakarta | Foto: Muhammad Rizky Hisyam

Dalam presentasi mereka Kamis (16/9) kemarin, platform komunitas UbahJakarta disebutkan merupakan bagian dari gerakan #UbahJakarta. Menurut MRT Jakarta, mereka menginisiasi gerakan ini untuk mengajak warga beralih ke transportasi umum, menciptakan budaya baru dalam bertransportasi umum, serta menjadikan penggunaan transportasi umum sebagai gaya hidup.

Platform UbahJakarta sendiri memberikan tempat bagi para komunitas untuk berbagi atau berdiskusi antar anggota komunitas. Selain itu, platform ini juga menjadi tempat untuk melayangkan kritik dan saran. Selain itu, komunitas juga dapat lebih mudah memperkenalkan diri mereka via platform ini. Komunitas yang dapat bergabung di UbahJakarta ini sendiri bisa dari berbagai macam komunitas. Misal komunitas otomotif, transportasi umum, game online, olahraga, dan kuliner.

Kategori komunitas ubahjakarta
Kategori komunitas pada platform UbahJakarta | Foto: Muhammad Rizky Hisyam
Tampilan Komunitas Transportasi
Tampilan dalam kategori komunitas transportasi, tampak ada GM-MarKA dan IRPS | Foto: Muhammad Rizky Hisyam

Rencananya, platform UbahJakarta akan menggantikan grup WhatsApp Sahabatmarti. Dalam platform ini, pengguna selain saling berdiskusi dan berbagi, juga dapat memoderasi kegiatan antar komunitas. Tidak hanya berdiskusi saja, pengguna juga dapat berbagi artikel dan informasi terbaru tentang komunitas melalui media sosial.

Tampilan artikel komunitas di UbahJakarta | Foto: Muhammad Rizky Hisyam

Tampilan aplikasi ini sendiri mirip dengan aplikasi forum yang umumnya ada di jagat maya. Yaitu tampilan forum berisi kategori dan komunitas masing-masing, thread dari masing-masing komunitas, dan isi thread beserta komen dan likes. Selain forum, juga terdapat artikel dengan menu berisi kategori dan komunitas masing-masing, artikel masing-masing komunitas, dan isi artikel yang dapat dibagikan melalui media sosial.

Artikel komunitas
Thread komunitas pada platform UbahJakarta | Foto: Muhammad Rizky Hisyam

Untuk mengaksesnya, pembaca dapat menggunakan aplikasi MRT Jakarta ataupun situs web ubahjakarta.com.

Kegiatan dan Manfaat Lain

Dalam presentasi MRT Jakarta, pihaknya menyebutkan perjalanan dengan aplikasi MRT Jakarta dapat memperoleh benefit khusus. Di antaranya adalah poin yang pembaca dapat tukarkan dengan berbagai macam reward.

Selain itu, MRT Jakarta menyediakan sejumlah tempat terbuka untuk kegiatan komunitas. Tempat yang bisa dipakai adalah area Stasiun MRTJ Dukuh Atas (Taman), Terowongan Kendal, dan Micro Library MRT Jakarta Dukuh Atas. Khusus Micro Library bisa digunakan tempat membuat podcast.

Komunitas dapat bergabung dengan mengajukan surat resmi kepada MRT Jakarta untuk memperoleh izin.

Ingin Bergabung?

Setelah melihat ulasan tersebut, pembaca mungkin akan bertanya “bagaimana Saya ingin mendaftarkan komunitas kami dan memasukkan anggota?”

Untuk bergabung, caranya adalah pembaca tinggal mengumpulkan minimal 20 orang anggota komunitas, lalu kemudian menghubungi admin platform komunitas MRT Jakarta. Selanjutnya, pembaca mengisi formulir keikutsertaan dan memahami syarat dan ketentuan. Admin kemudian akan memverifikasi komunitas via formulir pernyataan komunitas, dan kemudian mengaktifkan komunitas di platform.

Cara mendaftarkan komunitas
Cara mendaftarkan komunitas ke UbahJakarta | Sumber: Presentasi MRT Jakarta

Sedang untuk menambahkan anggota, anggota tersebut dapat memilih komunitas yang ingin diikuti, dan kemudian diarahkan ke pengurus komunitas untuk mendaftarkan diri. Pengurus komunitas pun memverifikasi data anggota, dan kemudian mengirimkannya ke admin platform komunitas MRT Jakarta untuk dimasukkan sebagai anggota.

Cara mendaftarkan anggota
Cara mendaftarkan anggota komunitas ke UbahJakarta | Sumber: Presentasi MRT Jakarta

Untuk membuat thread atau artikel, komunitas mengirimkan artikel atau thread untuk ditinjau oleh moderator komunitas. Setelah proses peninjauan, artikel atau thread akan dipublikasikan di laman masing-masing komunitas. Seperti di atas, anggota dapat kemudian membagikan artikel ataupun memberi komentar pada thread.

Cara mengirimkan thread/artikel
Cara mengirimkan thread atau artikel ke UbahJakarta | Sumber: Presentasi MRT Jakarta

Nantinya, jika pengguna platform ini meningkat, proses pendaftaran akan menjadi lebih sederhana, yaitu tidak lagi harus mendaftar untuk bergabung. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×