Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta Api

Terkendala Pandemi, Pesanan KRL Baru KAI Commuter Terhambat

KRL KfW, calon armada KRL Daop 6 Yogyakarta
KRL KfW, salah satu produk KRL buatan INKA yang saat ini beroperasi dengan KAI Commuter di Yogyakarta saat uji coba di Jakarta | Foto: RED/Saddam Hasan Fauzan

REDigest.web.id, 12/9 – Rencana KAI Commuter untuk membeli armada KRL baru memang telah terdengar sejak lama. Sayang, tampaknya rencana ini terkendala akibat pandemi COVID-19.

Dilansir dari Bisnis.com, Direktur Operasi PT INKA I Gede Agus Prayatna mengatakan KAI Commuter (PT KCI) telah berencana memesan 12 rangkaian dari mereka untuk tahun ini. Akan tetapi, rencana tersebut kemudian belum terealisasi akibat pandemi.

Meski demikian, Gede menambahkan dua pekan lalu telah ada pertemuan bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub untuk membahas kelanjutan rencana tersebut. Dari rapat tersebut ia mengatakan belum ada lagi kabar akan kelanjutan rencana ini, ataupun kapan realisasinya.

Begitu juga dengan nilai kontrak dan pengadaannya, Gede masih belum dapat berkomentar karena menanti kepastian kesepakatan. Sementara itu, Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengaku tahun ini belum ada rencana pengadaan armada baru. Hal ini dikarenakan pembatasan mobilitas masyarakat. Bahkan KAI Commuter mencatat penurunan volume pengguna bisa mencapai sebesar 80%.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan KAI Commuter melakukan investasi kembali jika dimungkinkan. Rencana pengadaan KRL baru sendiri memang sudah ada dalam Laporan Tahunan KAI Commuter tahun 2018. Dan pada tahun 2019, KAI Commuter memang telah meneken kerja sama dengan INKA untuk memesan KRL baru mulai 2021. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×