Berita KAInternasionalKereta Api

KRD KiHa 183 Tiba di Thailand

KiHa 183 tiba
Ilustrasi: KRD KiHa 183 JR Hokkaido saat masih beroperasi di Jepang | Foto: RSA-RSA, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

REDigest.web.id, 9/12 – KRD KiHa 183 eks JR Hokkaido akhirnya tiba di Thailand. Sebanyak 17 unit KRD KiHa 183 ini tiba di Pelabuhan Laem Chabang, Chonburi, Selasa (7/12) kemarin. Sebelumnya, pihak State Railway of Thailand (SRT) telah mengumumkan lelang impornya pada 6 September 2021 lalu.

Ke-17 unit KRD ini sebelumnya telah berada di Dermaga Sakimori di Pelabuhan Muroran, Hokkaido sejak 2017 lalu. Sehingga KRD-KRD ini sebelumnya telah 4 tahun terjemur di bawah sinar matahari tanpa atap dan tanpa kejelasan nasib selanjutnya. Sayangnya tidak ada informasi mengenai nomor sarana dari unit-unit tersebut.


KRD-KRD ini tidak tiba sendiri di Thailand. Dari laman Facebook “Eastern Railway Station in Thailand“, tampak juga beberapa unit mesin perawatan jalan rel (MPJR) berbaris di samping KRD KiHa 183. Satu foto lain dari sumber lain juga menampilkan beberapa unit lokomotif DD51 berwarna biru. Namun tidak ada informasi mengenai lokasi pemotretan foto tersebut apakah di Jepang atau di Thailand.

Nantinya, SRT akan memperbaiki KRD ini serta mengganti boginya dengan bogi untuk lebar sepur 1.000 mm. KRD ini akan SRT gunakan untuk kereta wisata bersama dengan kereta-kereta eks KA Hamanasu yang juga telah terlebih dahulu tiba di Thailand. (RED/MPF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


2 komentar pada “KRD KiHa 183 Tiba di Thailand

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×