Berita KAInternasionalKereta Api

Stadler Menangkan Kontrak Pengadaan KA Terbesar di Swiss

Stadler Swiss
Ilustrasi KRL Stadler FLIRT SBB Swiss | Foto: NAC, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

REDigest.web.id, 7/10 – Pengadaan sarana KA dalam jumlah besar memanglah umum dalam peremajaan massal. Namun bagaimana jika pengadaan sarana tersebut mencapai 510 rangkaian?

Ya, Stadler baru saja memenangkan kontrak pengadaan sebanyak 510 rangkaian KRL single decker Stadler FLIRT di Swiss. Dilansir dari Railtech, kontrak tersebut berasal dari gabungan grup SBB (Swiss Bundeshbahn), yakni SBB itu sendiri, Thurbo, dan RegionAlps. Kontrak ini pun disebut-sebut menjadi kontrak terbesar pengadaan KA di Swiss.

Pengadaan pertama rencananya akan mencakup 286 rangkaian dengan nilai pesanan mencapai 2 miliar Swiss Franc (30,7 triliun Rupiah). Selain itu, juga terdapat opsi untuk 224 rangkaian tambahan. Menurut Managing Director SBB Vincent Ducrot, investasi ini merupakan isyarat penting bagi KA regional di Swiss. Rencananya, unit baru grup SBB ini akan dilisensikan di Swiss, Jerman, Austria, dan Perancis.

KRL ini sendiri akan diproduksi sepenuhnya di Swiss Bussnang dengan tingkat komponen dalam negerinya mencapai 75%. Dengan kontrak bersama SBB, Stadler telah menjual armada best seller mereka ini lebih dari 2.500 kali di 20 negara. Sedangkan untuk profit sendiri Stadler masih berhasil meraup laba bersih 129 juta Euro (2,1 triliun) pada 2020, naik dari 119 juta Euro (1,95 triliun) pada tahun 2019. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×