BusBus Rapid Transit/Perkotaan

Buy The Service Kini Hadir di Kota Bogor

BTS Bogor
Buy The Service BISKITA Trans Pakuan | foto: Dinas Perhubungan Kota Bogor

REDigest.web.id, 1/11 – Setelah Palembang, Denpasar, Yogyakarta, Solo, dan Medan, kota berikutnya yang mendapat skema layanan Buy The Service yaitu kota Bogor, Jawa Barat. Dilansir dari akun Facebook Dinas Perhubungan, Buy The Service dengan nama branding BISKITA Trans Pakuan ini memulai dinas perdananya pada Selasa (2/11) kemarin. Masyarakat kota Bogor dapat mencoba bus ini tanpa dikenakan biaya alias gratis. Saat tulisan ini dibuat, Tarif BISKITA Trans Pakuan di tahun 2022 masih gratis hingga menunggu informasi berikutnya. Untuk metode pembayaran, penumpang dapat memakai transaksi nontunai seperti kartu elektronik atau QR Code, sedangkan jam operasional BISKITA Trans Pakuan dimulai dari pukul 05.00 hingga pukul 21.00 WIB.

Bus Trans Pakuan
Unit BISKITA Trans Pakuan yang telah beroperasi di beberapa koridor | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Berdasarkan akun Instagram @pemkotbogor bus yang saat ini telah beroperasi menggunakan karoseri Laksana bodi Nucleus 5 dengan sasis Hino FB 130. Kapasitas medium bus ini dapat menampung sebanyak 20 penumpang duduk dan 15 penumpang berdiri. Fasilitas yang tersedia di dalam bus antara lain palu pemecah kaca, sabuk pengaman, layar informasi, pegangan tangan, layanan pengaduan, tabung pemadam api, kamera CCTV, dan tentu saja fasilitas utama Air Conditioner. Unit BISKITA Trans Pakuan ini akan terus bertambah dengan target pada tahun 2021 kemarin telah menghadirkan 49 bus yang disiapkan untuk menggantikan 147 angkot yang sudah tua atau tidak layak jalan.

Untuk lintasan yang dilalui, BISKITA Trans Pakuan merencanakan rute antara lain =

  • Koridor 1 : Terminal Bubulak – Yasmin – Warung Jambu – Cidangiang PP
  • Koridor 2 : Terminal Bubulak – Stasiun Bogor – Kebun Raya Bogor – Cidangiang – Ciawi PP
  • Koridor 3 : Terminal Bubulak – Stasiun Bogor – Kebun Raya Bogor – Sukasari via Suryakencana – Batutulis PP
  • Koridor 4 : Ciawi – Cidangiang – Kebun Raya Bogor – Warung Jambu – Pomad – Ciparigi PP
  • Koridor 5 : Ciparigi – Kedunghalang – Jambu Dua – Taman Air Mancur – Stasiun Bogor PP
  • Koridor 6 : Parung Banteng – R3 – Tegal Gundil – Jambu Dua – Taman Air Mancur PP

Pada tahap awal koridor 5 beroperasi terlebih dahulu (2/11), disusul koridor 6 (28/11) serta koridor 1 dan 2 (15/12). Awal tahun 2022 BISKITA Trans Pakuan sempat berhenti beroperasi karena evaluasi kinerja, namun pada Senin (24/1) BISKITA Trans Pakuan kembali beroperasi. Dari semua rute, tersisa koridor 3 dan 4 yang masih belum beroperasi, namun kedua rute tersebut akan beroperasi pada tahun ini juga sembari menunggu informasi berikutnya. Selamat mencoba! (RED/EPP)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


One thought on “Buy The Service Kini Hadir di Kota Bogor

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×