[REVIEW] Tampilan Hall Timur Stasiun Bogor dan Alun-Alun Kota Bogor

Stasiun Bogor
Stasiun Bogor sisi Timur | Foto: Yogatama Prasetyo

REDigest.web.id, 21/12 – Setelah bertahun-tahun tidak berfungsi, mulai Jumat (17/12) KAI Commuter memfungsikan kembali hall timur Stasiun Bogor. Hall timur Stasiun Bogor terkoneksi dengan alun-alun Kota Bogor, Masjid Agung Bogor, Jalan Kapten Muslihat, dan Jalan Dewi Sartika. Pada hall timur Stasiun Bogor terdapat 10 gate portal, vending machine, loket, konter barang hilang, dan ATM. Untuk desain hall sendiri masih mempertahankan bentuk khas peninggalan Belanda. Sedangkan loket hall timur Stasiun Bogor sepenuhnya menggunakan bangunan baru.

Berdasarkan info dari KAI Commuter, pola operasional hall timur Stasiun Bogor berbeda tergantung pada rentang waktu tertentu. Setiap Senin-Jum’at pukul 04.00-08.00 WIB, pengoperasian gate khusus bagi pengguna yang akan keluar saja. Di luar jam tersebut pengguna dapat menggunakan akses masuk atau keluar pada hall timur Stasiun Bogor dengan bebas, termasuk pada hari Sabtu-Minggu dan hari libur Nasional.

Stasiun Bogor
Hall Timur Stasiun Bogor | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Alun-alun Kota Bogor

Alun-alun Bogor
Lapangan Alun-alun Kota Bogor yang terletak persis di samping Stasiun Bogor | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Di luar hall, pengguna akan disambut dengan alun-alun Kota Bogor yang yang baru diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Meskipun belum selesai sepenuhnya, masyarakat sudah dapat menikmati fasilitas yang tersedia di alun-alun. Beberapa fasilitas di alun-alun di antaranya adalah gym dan trek maraton. Alun-alun Kota Bogor dijaga oleh petugas penjaga yang dikenal dengan park ranger. Petugas tersebut bertugas menjaga kondisi alun-alun seluas 1,7 hektar ini tetap aman dan kondusif.

Alun-alun Bogor
Fasilitas gym di alun-alun Kota Bogor | Foto: RED/Enrico Perdana Putra
Alun-alun Bogor
Park Ranger, petugas penjaga alun-alun Kota Bogor | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Untuk moda transportasi lanjutan di sekitar hall timur Stasiun Bogor dan alun-alun Kota Bogor, pengguna maupun masyarakat dapat menggunakan angkutan kota dan bus Trans Pakuan dari halte Stasiun Bogor, Taman Topi, Budi Mulia, atau Bappeda.

Bus Trans Pakuan
Bus Trans Pakuan berhenti di halte dekat Stasiun Bogor | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

(RED/EPP)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: