Swedia Kurangi Pengumuman di Stasiun Melalui Pengeras Suara

Kereta api Swedia
Norrtag, salah satu layanan KA di Swedia | Foto: Petey21, Wikimedia Commons

REDigest.web.id, 28/11 – Suara hingar-bingar pengumuman di stasiun KA merupakan hal umum di tanah air tercinta. Setiap ada rangkaian KA akan masuk atau lewat, berangkat, dan terkadang perbaruan posisi rangkaian, maka informasi tersebut selalu diumumkan. Begitu pula jika ada terjadi gangguan atau perubahan jalur.

Tetapi bagaimana jika pengumuman di stasiun akan berkurang menjadi hanya untuk gangguan atau perubahan jalur? Hal inilah yang saat ini sedang dipertimbangkan Trafikverket, pengelola infrastruktur KA Swedia.

Dilansir dari Railway Gazette, menurut Trafikverket pengguna KA tidak memperoleh informasi dari pengumuman pengeras suara kecuali terjadi gangguan. Saat ini terdapat 481 stasiun dengan pengeras suara, tetapi hanya 86 pengumuman selain akibat gangguan atau perubahan yang diumumkan. Pihak Trafikverket menambahkan mereka ingin agar pengumuman suara menjadi lebih jelas kalau memang keluar hanya saat terjadi perubahan operasional.

Namun, meski akan ada aplikasi dan titik pelayanan untuk membacakan informasi bagi pengguna yang penglihatannya kurang, langkah ini dikritik Swedish Association of the Visually Impaired. Menurut mereka, pengumuman lewat pengeras suara seyogyanya tetap ada hingga ada alternatif yang lebih baik. Mereka menambahkan aplikasi ponsel pintar mungkin berguna bagi penggunanya, namun banyak anggota mereka yang juga tidak dapat menggunakan aplikasi tersebut. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: