Proyek Kereta Cepat, Lokomotif DF4B dari Tiongkok Tiba di Jakarta
REDigest.web.id, 23/11 – Sebuah lokomotif warna hijau dan berkabin ganda tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (22/11) siang. Pada badan lokomotif dengan kecepatan maksimum 100 km/jam ini tertera huruf mandarin. Lokomotif ini ternyata adalah lokomotif DF4B milik China Railway yang akan KCIC gunakan pada proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.
Lokomotif DF4B yang tiba di Tanjung Priok adalah lokomotif dengan nomor DF4B-1295 buatan pabrik Dalian tahun 1987. DF4B merupakan derivatif dari jenis DF4 yang telah beredar di jalan baja Tiongkok sejak 1969. Keluarga lokomotif DF4 merupakan lokomotif diesel elektrik general purpose untuk keperluan angkutan penumpang dan barang.
Spesifikasi lokomotif DF4B
Lokomotif DF4B memiliki keluaran tenaga 3.300 tenaga kuda dengan berat 138 ton dan tekanan gandar 23 ton. Terdapat perbedaan spesifikasi antara lokomotif penumpang dan barang, di mana lokomotif penumpang memiliki kecepatan maksimum 120 km/jam dan lokomotif barang memiliki kecepatan maksimum 100 km/jam. Selain itu, DF4B untuk penumpang dan barang juga memiliki warna yang berbeda. Lokomotif untuk penumpang berwarna oranye, sedangkan untuk barang berwarna hijau gelap.
Kode “DF” pada DF4B sendiri merupakan kependekan dari “Dong Feng”. Sedangkan 4B adalah kode untuk derivatif ketiga dari DF4, di mana derivatif kedua adalah DF4A. Sebanyak 4.591 lokomotif DF4B diproduksi oleh berbagai pabrikan di Tiongkok sejak 1984, dan saat ini terdapat 4.568 unit yang masih aktif bertugas. Lokomotif ini memiliki panjang 21.100 mm dari ujung ke ujung alat perangkai, lebar 3.309 mm, dan tinggi 4.755 mm. Hingga kini, produksi lokomotif ini masih berlanjut.
Menurut informasi, kedatangan lokomotif ini adalah untuk pekerjaan proyek jalur kereta cepat Jakarta-Bandung milik KCIC. Sehingga lokomotif ini kemungkinan akan dibawa ke Depo Kereta Cepat Tegalluar, Bandung dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Hanya tampak lokomotif DF4B-1295 yang turun dari kapal. Tidak tampak ada lokomotif lain ataupun gerbong yang turun dari kapal pengangkut DF4B-1295. (RED/MPF)
Kalau keceparan 120 km/jam namanya bukannkereta cepat. Argo Bromo Anggrek kec3patannya 104 Km/jam…
Inilah pentingnya membaca yang lengkap sebelum berkomentar
“kedatangan lokomotif ini adalah untuk pekerjaan proyek jalur kereta cepat Jakarta-Bandung milik KCIC” kurang jelas kah?
Pingback: Lokomotif China Railway DF4B Dikirim ke Bandung - Railway Enthusiast Digest
Pingback: Lokomotif DF4B Kembali Tiba di Jakarta, Kali Ini Tidak Sendirian - Railway Enthusiast Digest
Pingback: Dua Lagi Lokomotif China Railway DF4B Dikirim ke Bandung - Railway Enthusiast Digest
Pingback: [GALERI] Menengok Lokomotif DF4B Sambil #FotoSepur di Tegalluar - Railway Enthusiast Digest