Proyek Kereta Cepat, Lokomotif DF4B dari Tiongkok Tiba di Jakarta

lokomotif df4b
Proses penurunan lokomotif DF4B-1295 dari kapal di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta | Foto: Twitter @bbbekti

REDigest.web.id, 23/11 – Sebuah lokomotif warna hijau dan berkabin ganda tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (22/11) siang. Pada badan lokomotif dengan kecepatan maksimum 100 km/jam ini tertera huruf mandarin. Lokomotif ini ternyata adalah lokomotif DF4B milik China Railways yang akan KCIC gunakan pada proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Lokomotif DF4B yang tiba di Tanjung Priok adalah lokomotif dengan nomor DF4B-1295 buatan pabrik Dalian tahun 1985. DF4B merupakan derivatif dari jenis DF4 yang telah beredar di jalan baja Tiongkok sejak 1969. Keluarga lokomotif DF4 merupakan lokomotif diesel elektrik general purpose untuk keperluan angkutan penumpang dan barang.

Spesifikasi lokomotif DF4B

lokomotif df4b
Lokomotif DF4B-1295 mendarat di Dermaga 101 Pelabuhan Tanjung Priok | Foto: Twitter @bbbekti

Lokomotif DF4B memiliki keluaran tenaga 3.300 tenaga kuda dengan berat 138 ton dan tekanan gandar 23 ton. Terdapat perbedaan spesifikasi antara lokomotif penumpang dan barang, di mana lokomotif penumpang memiliki kecepatan maksimum 120 km/jam dan lokomotif barang memiliki kecepatan maksimum 100 km/jam. Selain itu, DF4B untuk penumpang dan barang juga memiliki warna yang berbeda. Lokomotif untuk penumpang berwarna oranye, sedangkan untuk barang berwarna hijau gelap.

Kode “DF” pada DF4B sendiri merupakan kependekan dari “Dong Feng”. Sedangkan 4B adalah kode untuk derivatif ketiga dari DF4, di mana derivatif kedua adalah DF4A. Sebanyak 4.591 lokomotif DF4B diproduksi oleh berbagai pabrikan di Tiongkok sejak 1984, dan saat ini terdapat 4.568 unit yang masih aktif bertugas. Lokomotif ini memiliki panjang 21.100 mm dari ujung ke ujung alat perangkai, lebar 3.309 mm, dan tinggi 4.755 mm. Hingga kini, produksi lokomotif ini masih berlanjut.

Spesifikasi teknis lokomotif China Railways DF4B | Sumber data: Wikipedia Tiongkok, diolah kembali oleh Litbang RED. Foto oleh Encyclopedist (CC-BY-SA) dan Qshen (domain publik) di Wikimedia Commons

Menurut informasi, kedatangan lokomotif ini adalah untuk pekerjaan proyek jalur kereta cepat Jakarta-Bandung milik KCIC. Sehingga lokomotif ini kemungkinan akan dibawa ke Depo Kereta Cepat Tegalluar, Bandung dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Hanya tampak lokomotif DF4B-1295 yang turun dari kapal. Tidak tampak ada lokomotif lain ataupun gerbong yang turun dari kapal pengangkut DF4B-1295. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

2 komentar pada “Proyek Kereta Cepat, Lokomotif DF4B dari Tiongkok Tiba di Jakarta

  • Selasa, 23 November 2021 pada GMT+0700 18:25
    Permalink

    Kalau keceparan 120 km/jam namanya bukannkereta cepat. Argo Bromo Anggrek kec3patannya 104 Km/jam…

    Balas
  • Rabu, 24 November 2021 pada GMT+0700 06:58
    Permalink

    “kedatangan lokomotif ini adalah untuk pekerjaan proyek jalur kereta cepat Jakarta-Bandung milik KCIC” kurang jelas kah?

    Balas

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: